Sambut UTBK SBMPTN 2022, FILKOM UB Siapkan 5 Ruang Ujian

Demi mendukung pelaksanaan UTBK SBMPTN, Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) menjadi salah satu fakultas di Universitas Brawijaya (UB) yang siap menyelenggarakan pelaksanaan tes dengan memberikan fasilitas kelas dan Komputer bagi para peserta ujian. Di UB sendiri pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun ini dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada 17-23 Mei 2022, sedangkan gelombang kedua pada 28 Mei sampai 3 Juni 2022.

Universitas Brawijaya sendiri menyiapkan 17 gedung dengan 66 ruangan. Sebanyak 17 gedung yang digunakan tersebut, antara lain Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Unit TIK Gedung Rektorat, serta Gedung Inbis.

Dahnial Syauqy, S.T., M.T. selaku Penanggung Jawab TIK FILKOM menyampaikan bahwa FILKOM UB akan menyediakan 5 kelas selama proses pelaksanaan ujian dimana ruang laboratorium di gedung G FILKOM akan menjadi tempat pelaksanaan ujian tersebut.

“Para teknisi FILKOM UB telah mempersiapkan kelas sejak Senin (25/4/2022) dikarenakan pada Rabu (27/4/2022) kemarin dan hari ini dilaksanakan uji coba secara nasional. Pada Rabu, fokus yang dilaksanakan adalah konfigurasi aplikasi dari pusat (universitas) ke masing-masing fakultas penyelenggara,” terang Dahnial.

Selain mempersiapkan ruangan Dahnial juga mengatakan FILKOM UB akan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti pada tahun lalu.  Setiap ruangan serta kelengkapan ujian yang digunakan disterilisasi terlebih dahulu dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

Ruang Laboratorium yang dijadikan ruang ujian akan diatur jarak tempat duduk peserta dengan jarak 1 meter atau 1 komputer yang disterilkan. Selain itu  ruang Laboratorium sudah memiliki sirkulasi udara yang baik dan luas untuk meminimalisasi kontak fisik. Sebelum memasuki ruangan tes nantinya para peserta akan diatur oleh panitia agar tidak bergerombol dan membuat kerumunan.

Perlu diketahui juga untuk alur masuk dan keluar kampus Universitas Brawijaya selama proses pelaksanaan UTBK SBMPTN juga dibedakan guna menghindarkan kemacetan. Jika peserta mengalami kesulitan mencari lokasi, disiapkan petugas untuk mengantar peserta sampai lokasi tes menggunakan shuttle bus.[drn]