Penjajakan Topik Dan Usaha Percepatan Penyelesaian Skripsi Untuk Mahasiswa Bersama Dosen Dan Alumni Prodi SI FILKOM UB

Penjajakan Topik Dan Usaha Percepatan Penyelesaian Skripsi Untuk Mahasiswa Bersama Dosen Dan Alumni Prodi SI FILKOM UB

Departemen Sistem Informasi (SI) FILKOM UB menyelenggarakan kegiatan Webinar Penjajakan Topik Dan Usaha Percepatan Penyelesaian Skripsi Untuk Mahasiswa Bersama Dosen Dan Alumni Prodi Sistem Informasi Semester Genap, Tahun Akademik 2021/2022 secara daring pada hari Sabtu (26/2/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan teknis penyelesaian skripsi kepada mahasiswa Prodi SI Angkatan 2018 secara khusus, dan seluruh angkatan secara umum, kemudian Menyampaikan topik-topik skripsi yang dimiliki oleh dosen Prodi SI kepada mahasiswa serta mengundang alumni mahasiswa Prodi SI untuk menyampaikan motivasi dan pengalaman terkait pengerjaan skripsi kepada mahasiswa yang hadir.

Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.S., M.AB. selaku Ketua Prodi SI menjadi pemateri pada kegiatan yang rencananya akan diselenggarakan dalam beberapa sesi. Dalam sosialisasi pertama ini Yusi menyampaikan beberapa pokok bahasan diantaranya pemahaman mengenai penelitian atau riset, topik-topik penelitian sampai dengan alur proses skripsi.

“Hal utama yang menjadi karakteristik penelitian yaitu dengan menggunakan pendekatan sistematik, didasarai penalaran logis yang melibatkan metode induktif dan deduktif. Selain itu data yang didapatkan diturunkan secara realtime dari pengamatan actual serta ada analisis mendalam dari semua data yang dikumpulkan”. terang Yusi.

Perlu diketahui sebelumnya, Berdasarkan rekap laporan dari SIMPEL UB, pada awal semester ganjil TA 2021/2022 ada 86 mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) yang mendaftar mata kuliah Skripsi di KRS dan sebagian besar belum bisa menyelesaikan skripsi di semester yang sama. Proyeksi berdasarkan desain kurikulum prodi SI, akan ada tambahan lebih dari 50 mahasiswa Angkatan 2018 yang akan mengambil mata kuliah skripsi pada semester genap TA 2021/2022.

Agar kegiatan penyelesaian skripsi mahasiswa bisa dipercepat dan memperjelas gambaran seperti apa seharusnya menyelesaikan mata kuliah Skripsi, maka Prodi SI merencanakan kegiatan sosialisasi dan diskusi ini. Alternatif ini dilakukan melalui beberapa rangkaian acara, di mana tiap dosen yang memiliki topik skripsi agar mempromosikan topik tersebut kepada mahasiswa Prodi SI. Prosi Si juga telah mendata beberapa dosen Prodi SI yang siap menyampaikan topik skripsi yang dimilikinya kepada para mahasiswanya.(drn)