FILKOM UB Berikan Pemahaman Dalam Mencari Sumber-Sumber Referensi Untuk Mendukung Kegiatan Perkuliahan Bagi Mahasiswa Baru

FILKOM UB Berikan Pemahaman Dalam Mencari Sumber-Sumber Referensi Untuk Mendukung Kegiatan Perkuliahan Bagi Mahasiswa Baru

Demi memberikan informasi dan kemudahan dalam mencari informasi sumber-sumber referensi demi memenuhi tugas perkuliahan bagi mahasiswa baru khususnya Angkatan 2020 dan 2021, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan workshop sosialisasi sumber-sumber referensi untuk mendukung kegiatan perkuliahan. Workshop ini dilaksanakan Sabtu (19/2/2022) secara hybrid (luring dan daring) di Ruang Kerja Bersama FILKOM dan melalui Zoom Meeting. Rencananya workshop ini dilaksanakan selama dua kali di minggu yang berbeda.

Pada tahap pertama, kegiatan workshop sosialisasi sumber-sumber referensi ini diisi oleh salah satu dosen FILKOM yaitu Diah Priharsari, ST., MT., Ph.D. dan ditemani Christina Minarso, S.Kom., M.Hum, salah satu staf Perpustakan Universitas Brawijaya, serta Drs. Syaifuddin, M.Hum sebagai moderator dan ketua pelaksana kegiatan.

Mengawali acara sedikit sambutan disampaikan Dekan Filkom, Prof. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. Kemampuan untuk mencari sumber referensi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa. Dalam menjalankan perkuliahan di FILKOM tentu ada banyak aktivitas yang memaksa dan mengharuskan mencari sumber referensi yang tepat, sesuai dan kredibel. Referensi yang baik akan mendukung kualitas dari penulisan yang bermutu. Harapan Prof. Wayan kedepan dengan diadakan acara sosialisasi seperti ini, agar mahasiswa FILKOM dalam menjalankan perkuliahan sampaidengan skripsi nantinya tidak ada hambatan dalam mencari sumber-sumber referensi.

Diah Priharsari dalam penjelasannya menyampaikan bahwa mencari sumber-sumber referensi sebaiknya tidak bergantung pada Google saja, sebagai mahasiswa diharapkan agar aktif di perpustakaan maupun ruang baca yang disediakan untuk publik.

“Prinsip dasar kenapa kita harus mengetahui mana referensi yang baik, berkualitas, cocok dengan apa yang dibutuhkan karena didorong oleh kemauan untuk selangkah lebih maju menjadi pribadi yang profesional” terang Diah.

Diah juga menyampaikan bahwa karakter seseorang juga akan dipengaruhi dari apa yang banyak mereka baca. Jika sesorang tersebut banyak membaca sumber-sumber yang baik dan berkualitas maka output yang akan dihasilkan nantinya juga akan berkualitas.

Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Christina Minarso yang menjelaskan mengenai pelayanan yang ada di Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB Library). Penjelasan kali ini ditujukan agar mahasiswa baru khususnya dari Angkatan 2020 dan 2021 dapat memahami dan mengetahui pelayanan yang diberikan oleh UB Library baik secara offline maupun online. Saat ini UB Library hanya memberikan pelayanan secara online saja karena instruksi dari Rektor UB karena pandemi yang belum berakhir.(drn)