Road To product (UX) Designer

Road To product (UX) Designer

Laboratorium Teknologi Media, Game, dan Mobile Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan webinar dengan menghadirkan alumni FILKOM UB yang telah berkarir di perusahaan startup besar di Indonesia. Webinar yang rencananya akan dilaksanakan berseri ini dimulai pada Jum’at (11/2/2022) secara daring melalui Zoom. Dengan tema “Building your design career journey” kegiatan ini diisi oleh Labina Kirby (Alumni Sistem Informasi 2015) yang saat ini menjabat sebagai UX designer di Tokopedia dan Faisal Risq Efendy (Alumni Teknik Informatika 2016) yang menjabat Product Designer di tiket.com. Selain itu salah satu dosen FILKOM, Hanifah Muslimah Az-zahra, S.Sn., M.Ds juga hadir sebagai moderator dalam kegiatan kali ini.

“Hal yang paling utama ketika kita akan memulai berkarir yaitu membangun koneksi. Apalagi ketika kita masih menjadi mahasiswa, gunakan banyak kesempatan untuk memperoleh pengalaman seperti mengikuti kompetisi, ikut dalam program magang dan penelitian, karena dari hal tersebut selain mendapatkan experience, kita pastinya akan mendapat kenalan yang nantinya akan menjadi koneksi di dunia kerja”, terang Faisal.

Selanjutnya Faisal juga menambahakan jika memiliki banyak koneksi maka akan lebih mudah untuk dapat berkolaborasi, bertukar pikiran mengenai project maupun desain-desain yang kita miliki yang akan diimplementasikan. Selain itu skill komunikasi juga perlu dibangun mulai dari saat mahasiswa dengan cara mengikuti organisasi atau himpunan, karena dalam dunia kerja nantinya komunikasi sangat dibutuhkan dalam berorganisasi dan bekerjasama dalam menyelesaikan masalah dan pekerjaan.

Sementara Labina menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa sebaiknya memiliki critical thinking yaitu kemampuan untuk berpikir secara jernih dan rasional tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dipercaya serta creative mindset yaitu berpikir kreatif agar dapat menciptakan kreativitas dan hal-hal baru yang sifatnya membangun kompetensi diri.

Labina juga menjelaskan UX design itu sendiri merupakan bidang yang fokus terhadap interaksi antara manusia sebagai pengguna (user) dengan produk atau layanan berbentuk website maupun aplikasi. Sebagai seorang UX designer, tugas utamanya adalah untuk mendesain sebuah produk menjadi usable namun juga menyenangkan bagi penggunanya. Dalam mencapai tujuan tersebut, seorang UX designer sebaiknya dapat berkolaborasi dengan tim lain.

Faisal dan Labina juga menjelaskan bagaimana mengatasi masalah dalam UX design dan menciptakan ide-ide kreative dalam menciptakan desain. Kegiatan yang dihadiri sekitar 180 partisipan ini ditutup dengan sesi tanya jawab secara interaktif oleh mahasiswa FILKOM kepada kakak tingkatnya ini.[drn]