UB Launching Aplikasi Sarjana Sakti Karya Dosen FILKOM

Universitas Brawijaya meluncurkan Aplikasi Sarjana Sakti. Aplikasi karya dari Dr. Eng., Herman Tolle, S. T., M.T yang juga selaku Wakil Dekan bidang Akademik FILKOM UB ini dilaunching bertepatan dengan Dies Natalis ke-59 Universitas Brawijaya yang dihadiri oleh para alumni dan civitas akademika Universitas Brawijaya, Sabtu (8/1/2022).

Pada kesempatan kali ini, ada dua aplikasi yang dilaunching yaitu aplikasi Sarjana Sakti (Akses Cari Kerja Sarjana Terintegrasi) dan Guyub UB. Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Aulanni’am, drh., DES mengatakan jika UB mendapatkan cukup banyak pendanaan progam matching fund dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi yang dilakukan oleh dosen-dosen Fakultas Ilmu Komputer yang berkolaborasi dengan dunia industri dan UPT-PKK UB (Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir dan kewirausahaan Universitas Brawijaya).

Herman Tolle juga menjelaskan bahwa aplikasi ini dibuat dalam progam matching fund pendanaan Dikti tahun 2021 dimana berkolaborasi dengan dunia industry dimana UB dijatah Rp6 miliar untuk 20 judul.

“Tujuannya sebagai sebuah portal dimana alumni atau sarjana lulusan bisa masuk ke sistem kemudian mengerjakana assessment softskill. Kemudian terjadi mapping dari lulusan yang kemudian jika ada lowongan pekerjaan maka bisa mencari yang sesuai dengan pekerjaan yang ada secara otomatis tanpa melamar. Selain itu aplikasi ini membantu lulusan kita dalam mencari kerja,” ujar Herman.

Di samping itu, CEO Indogetjob, Iwan Nazarudin, selaku kolaborator mengatakan jika sistem assessment merupakan salah satu kunci dimana calon sumber daya manusia bisa direkrut oleh perusahaan karena leadership dan teamwork yang merupakan kunci penilaian masuk dalam dunia industri. Dia menambahkan jika sarjana akan diasessment dan hasilnya akan direkomendasi ke perusahaan lokal, regional, nasional, bahkan ke internasional sehingga tanpa melamar bisa akses dengan cepat dari perusahan yang mengakibatkan peluang kerja terbuka seluas-luasnya.

Saat ini website sarjanasakti.com telah bisa diakses. Aplikasi Sarjana Sakti merupakan terobosan baru dari Universitas Brawijaya di hari ulang tahunnya yang ke-59 agar lulusan muda/fresh graduate dapat dipertemukan dengan berbagai perusahaan yang membutuhkan sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut.[drn]