Dies ke-59 : UB Targetkan jadi Universitas Bereputasi Internasional

 

Universitas Brawijaya (UB) menggelar Rapat Terbuka dalam rangka Dies ke-59. Kegiatan yang diadakan secara hybrid tersebut juga dihadiri secara virtual oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, Rabu (5/1/2022). Dalam pemaparan Laporan Kinerja Rektor sepanjang tahun 2021 sudah banyak prestasi yang diraih oleh UB antaralain perubahan status UB menjadi PTNBH, peringkat UB yang berada di posisi 351-400 QS By Subject untuk Agriculture dan Foresty serta posisi 301-550 QS By Subject untuk Bussines and Management Studies.

Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, A.R., M.S., juga menjelaskan ada beberapa strategi atau langkah program pengembangan UB yang telah disusun sejak tahun 2019.

“Di jangka waktu 2019-2024 UB berada di posisi 800++ QS Rank dengan 28 persen program studi terakreditasi internasional. Di tahun 2029 diharapkan berada pada peringkat <500 QS dengan 60 persen prodi sudah terakreditasi internasional, di tahun 2034 UB ada di posisi <400 QS Rank dan 85 persen prodi sudah terakreditasi internasional, dan di tahun 2039 UB sudah berada di posisi <300 QS Rank dan 85 persen prodi terakreditasi internasional,”katanya.

Mantan Dekan FP tersebut menambahkan, di tahun ini jumlah prodi yang terakreditasi internasional sudah mencapai 60 persen. Sehingga target percepatan akreditasi internasional bisa tercapai.

Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), K.H. Ma’Aruf Amin menjelaskan dalam sambutannya yang dilakukan secara virtual mengatakan bahwa upaya UB untuk mencapai akreditasi internasional perlu kerja keras dan dukungan semua pihak.

“Saya sangat mendukung upaya UB untuk mencapai akreditasi internasional hingga nantinya bisa bersaing di tingkat ASEAN, ASIA, hingga dunia. Saya berharap UB juga bisa memberikan ruang bagi siswa tidak mampu untuk belajar di perguruan tinggi,”katanya.

Ketua Pelaksana Rapat Terbuka  Denny Sagita Rusdianto, S.Kom., M.Kom mengatakan Rapat Terbuka dalam rangka Dies  UB kali ini mengangkat tema “Tangguh dan Kreatif Berkarya di Masa Pandemi Menggapai Reputasi Internasional”.

“Jadi harapannya meskipun kondisinya sempat pandemi dan beranggapan kita tidak bisa beraktifitas secara optimal tapi UB berupaya mencapai reputasi internasional dengan memperbanyak publikasi internasional,” katanya.

Denny menambahkan, dengan status baru dari BLU ke PTNBH akan banyak penyesuaian agar pencapaian reputasi internasional lebih cepat. Dengan status UB sebagai PTNBH untuk mencapai reputasi internasional upaya yang dilakukan selain publikasi ada kerjasama kolaborasi, ada magang- magang mahasiswa sehingga membuat UB lebih dikenal masyarakat dalam negeri dan luar negeri. [drn/oky]