Wakil Rektor II UB Kunjungi & Nilai Fakultas Finalis Sayembara GREEN CAMPUS

Rabu (30/12/2021), Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Universitas Brawijaya yaitu Prof. Drs. Gugus Irianto , MSA., Ph.D., Ak. melakukan kunjungan pada fakultas yang menjadi finalis Sayembara GREEN CAMPUS. Prof. Gugus yang juga selaku dewan juri didampingi oleh Ketua HDII Jawa Timur, Ir. Hari Santoso selaku dewan juri II dan Ketua Jurusan PWK Fakultas Teknik UB, Dr. Ir. Abdul Wahid Hasyim, M.S.P. selaku dewan juri III. Selain itu Agus Wahyu Widodo, S.T., M.Cs. selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FILKOM UB turut berpartisipasi sebagai pemandu para dewan juri.

Perlu diketahui sebelumnya, dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka, Universitas Brawijaya berupaya dan turut andil dalam menciptakan lingkungan kampus yang aman dan nyaman pasca pandemi. Oleh karena itu, Universitas Brawijaya menyelenggarakan kegiatan bernama Sayembara GREEN CAMPUS untuk mendukung hal tersebut. Sayembara GREEN CAMPUS merupakan suatu kompetisi action onsite di bidang interior dan lanskap pertama kali yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya, dengan target peserta merupakan seluruh fakultas di Universitas Brawijaya.

Tema yang diangkat pada sayembara kali ini yaitu “Bear The Campus to be a Cozy Space” yang memiliki makna membawa kampus menjadi tempat yang nyaman. Dengan maksud bahwa ingin membawa kampus menjadi tempat yang nyaman untuk belajar, bersosialisasi, serta berkreativitas, terutama pada fakultas masing-masing, yang merujuk pada kebutuhan ruang dan perilaku setiap pengguna fakultas. Tujuan dari diadakannya sayembara ini yaitu ingin mendorong civitas akademika setiap fakultas di Universitas Brawijaya untuk turut menciptakan suasana belajar yang sehat, nyaman, dan menyenangkan. Selain sebagai sarana belajar yang nyaman, juga sebagai tempat untuk bersosialisasi dan menyalurkan kreativitas warga kampus, mengingat kampus bukan hanya tempat pendidikan akademik saja.

Kunjungan yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut diawali pada Fakultas Hukum (FH UB); Fakultas Teknik (FT UB); Fakultas Ilmu Administrasi (FIA UB); Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UB); dan ditutup pada Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM UB). Adapun kriteria yang dinilai oleh para dewan juri antara lain compatibility, dimana kesesuaian dan keselarasan tema green campus dengan paparan yang disajikan di dalam poster dan representasi foto ruang; Social Education Responsibility, yaitu konsep ruang yang diusulkan diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan ruang baik secara edukasi maupun sosial untuk aktivitas warga fakultas dalam kegiatan sehari-hari; Eco Friendly & Sustainability  yaitu keramahan rancangan terbangun terhadap lingkungan sekitar, penggunaan sumber daya air dan listrik yang hemat dan perawatan bangunan yang terkendali; keempat nilai estetika, fungsi ruang atau lahan; dan yang terakhir komunikatif, informatif, kreatif, dan inovatif pada penyajian didalam poster.

FILKOM UB Berupaya Agar Berjaya Dalam Sayembara GREEN CAMPUS

Target tinggi dituju oleh tim FILKOM UB. Tim yang beranggotakan dari Dewi Wijayanti, S.T; Edwin Ibnu Kautsar, S.Kom; Alfan Mariyanto, A.Md; dan Derian Surya Setiawan G, S.AP. berupaya untuk membawa nama baik FILKOM UB agar dapat membawa juara pada Sayembara GREEN CAMPUS yang juga merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis UB ke-59. Dalam kompetisi ini tim FILKOM UB menampilkan ruang belajar dan kelas hybrid di Gedung F, Auditorium Algoritma di Gedung G dan Taman Wiyata Adyana atau Edutech Garden yang baru saja selesai di bangun.

Dalam penilaian yang dilakukan oleh dewan juri, FILKOM UB mendapatkan respon dan penilaian yang positif dimana telah memenuhi seluruh kriteria yang ditentukan. Ruang kelas yang menggunakan kaca berupaya untuk menghemat menggunakan lampu karena cahaya dari luar mudah masuk, selain itu penggunaan jendela yang cukup luas yang berfungsi  dalam mengurangi penggunaan AC sehingga nantinya mahasiswa cukup nyaman dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

Untuk Auditorium Algoritma menggunakan desain interior yang mengutamakan keluwesan dalam bentukan ornament dan perabot. bentukan ini bertujuan untuk menyeimbangkan hasil karya teknologi, baik itu secara piranti keras maupun lunak, dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Ruangan ini banyak digunakan dalam kegiatan seremonial, kuliah tamu , seminar ilmiah maupun penerimaan mahasiswa baru. Kemudian Edutech Garden merupakan ruang terbuka hijau sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas dan unjuk karya mahasiswa dan civitas akademika FILKOM. Edutech juga berfungsi sebagai   penghasil oksigen, tempat resapan air hujan dan fasilitas bagi fauna seperti burung dan serangga. Dalam penggunaan energi untuk penerangan dan sirkulasi udara minimal dikarenakan Edutech berada di alam terbuka.

Dengan diadakannya sayembara ini, harapan kedepannya dapat membuat civitas akademika kampus, terutama pada fakultas masing-masing, untuk menaungi dan memberikan rasa nyaman untuk melakukan aktivitas, baik kegiatan belajar mengajar, bersosialisasi dan berinteraksi satu sama lain, menumbuhkan budaya yang baik, aktualisasi diri, serta pengembangan akademik lainnya menjadi terpenuhi.[drn]

Galeri Foto