Mendapatkan Hibah Inovasi Pembelajaran Digital, MK Perancangan UX Prodi SI Kembangkan Modul Digital Dan Terima 65 Mahasiswa Dari 23 Perguruan Tinggi

Dr. Eng. Herman Tolle, ST., MT. salah satu dosen Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mendapatkan Hibah Program Bantuan Dana Pengembangan dan Penyelenggaraan Inovasi Pembelajaran Digital (IPD) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Tentunya menjadi prestasi tersendiri bagi UB karena secara nasional hanya ada 34 penerima dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Dari hasil program hibah tersebut mata kuliah Perancangan UX (User Experience) pada Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) mengembangkan dan menyelenggarakan Inovasi Pembelajaran Digital Kolaboratif Partisipatif.

“Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 mendorong perguruan tinggi untuk terus berinovasi dan meningkatkan kemampuan yang dikuasai oleh lulusannya serta mendukung terlaksananya program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dan akselerasi pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU), Prodi SI berupaya terus melakukan inovasi dan pengembangan proses belajar mengajar guna menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang layak untuk diserap di dunia industri kedepannya”, terang Herman Tolle yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik FILKOM UB.

Prodi SI yang berada pada Jurusan Sistem Informasi (JSI) di Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) menerapkan penggunaan platform pembelajaran digital yang diberi nama Eling (http://eling.ub.ac.id) yang ditunjang dengan platform video pembelajaran daring (http://filkomub.ap.panopto.com) yang sudah terintegrasi dengan portal 5 pembelajaran. Untuk optimalisasi pembelajaran daring tersebut, Jurusan SI dan FILKOM UB dalam 2 semester terakhir juga memberikan hibah pembelajaran berupa pengembangan modul video ajar agar para dosen dapat membuat bahan pembelajaran yang optimal pada masa pandemi.

Perlu diketahui, Perancangan User Experience, dan Manajemen Produk adalah dua MK yang paling banyak diminati mahasiswa luar kampus, tercatat mahasiswa perkuliahan lintas prodi dari PT lain, 22 orang yang berasal dari program Pertukaran Mahasiswa (Permata) Dikti , dan sisanya dari program pertukaran kerjasama Filkom dengan PT lain terutama APTIKOM Wilayah 7 Jawa Timur sejumlah 43 mahasiswa. Total terdapat 65 mahasiswa dari perguruan tinggi berbeda. Untuk mendapatkan mengikuti perkuliahan lintas prodi di FILKOM UB sampai sejauh ini tidak dipungut biaya, hanya berdasarkan kepada kerjasama antar perguruan tinggi yang telah disepakati sebelumnya atau dibuat sebelum pelaksanaan perkuliahan tersebut.

Guna menjamin proses perkuliahan dapat dilakukan lintas prodi, maka Prodi SI mempersiapkan sejumlah peraturan, panduan dan infrastruktur guna menjamin kelancaran perkuliahan tersebut. Adapun proses perkuliahan lintas prodi dengan pemberian kredit sudah dilakukan selama 2 semester terakhir ini yaitu di Semester Ganjil 2020/2021, dan di Semester Genap 2020/2021. Seluruh proses administrasi ini dilakukan oleh bagian Akademik Fakultas yang dibantu oleh Unit Pengelola MBKM FILKOM UB serta selalu berkoordinasi dengan pihak Akademik Rektorat UB.[drn]