Tekkom Bergerak – Work Ethic in Technology Industry

Kata lulus dan bergelar sarjana merupakan suatu keinginan terdalam dari setiap insan yang sedang menempuh pendidikan tinggi. Kelulusan tersebut sangat dinanti untuk mengobati setiap pengorbanan dan perjuangan yang telah dilakukan. Permasalahannya, setelah lulus dari perguruan tinggi dan menyandang gelar sarjana, mau ngapain nih? Apakah setelah menyandang gelar sarjana bekal yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja sudah cukup?

Kali ini Program Studi Teknik Komputer (Prodi Tekkom) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut melalui kegiatan Open Talk – Tekkom Bergerak yang dilaksanakan pada hari Sabtu (20/11/2021) dan Minggu (21/11/2021). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom dengan dihadiri sekitar 90 partisipan yang terdiri dari mahasiswa Prodi Tekkom. Dahnial Syauqy, S.T., M.T., M.Sc., salah satu dosen Prodi Tekkom menjadi pemateri utama pada open talk kali ini. Selain itu ada beberapa alumni dari UB yang membagikan pengalamannya kepada para partisipan.

Di kegiatan ini, Dahnial lebih banyak menjelaskan mengenai soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang nantinya akan dijalani oleh para mahasiswa. Dahnial sangat mengapresiasi para mahasiswa yang menjadi panitia dalam kegiatan kali ini (Himatekkom) karena aware bahwa kebutuhan dalam perkuliahan tidak hanya dari segi hard skill tp juga dibutuhkan soft skill, karena soft skill lebih sulit dalam didapatkan karena lebih banyak diperoleh dalam pengalaman. Hal itu dapat dipelajari dengan lebih banyak melakukan komunikasi atau berinteraksi dengan individu lain, serta melatih kepekaan sosial dalam berorganisasi.

“Dalam kehidupan sehari-hari etika sangatlah penting peranannya, karena dengan adanya etika maka dapat mengatur bagaimana manusia dapat bergaul atau bersosialisasi dengan sesamanya. Sedangkan work ethic adalah aturan normatif yang memuat sekumpulan nilai dan prinsip etika sebagai pedoman bagi pekerja dalam menjalankan tugasnya di dalam perusahaan”, terang Dahnial.

Selain Dahnial, pemateri juga berasal dari para alumni UB yang memberikan masukan serta menceritakan pengalamannya di dunia kerja agar para mahasiswa memiliki pandangan ketika di tempat kerja nantinya. Di akhir acara diadakan sesi diskusi oleh para mahasiswa yang dibagi masing-masing kelompok dengan diberikan studi kasus yang harus dapat dipecahkan dengan tenggat waktu yang diberikan.[drn]