Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Website Program Studi sebagai Sarana Penyampaian Informasi Akademik Perguruan Tinggi pada Jurusan Teknik Pengairan UB

Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Website Program Studi sebagai Sarana Penyampaian Informasi Akademik Perguruan Tinggi pada Jurusan Teknik Pengairan UB

Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) sebagai fakultas di Universitas Brawijaya yang memiliki rumpun ilmu di bidang Teknologi Informasi diharapkan dapat memberikan manfaat kepada sekitarnya dalam hal pemanfaatan teknologi informasi. Pemberian manfaat ini tidak selalu harus dalam bentuk penyediaan produk teknologi informasi dalam upaya penyelesaian terhadap masalah tertentu, namun pemberian pelatihan dan pendampingan pengelolaan website juga adalah salah satu pemberian manfaat terhadap sekitar. Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Komputer yang diketuai oleh Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. dan beranggotakan Komang Candra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc., Lutfi Fanani S.Kom., M.T., M.Sc. dan Faizatul Amalia, S.Pd., M.Pd. menjawab kebutuhan pendampingan dan pelatihan pengelolaan website ini dalam kegiatan yang berjudul Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Website Program Studi sebagai Sarana Penyampaian Informasi Akademik Perguruan Tinggi pada Jurusan Teknik Pengairan UB.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan pengelolaan website Jurusan Teknik Pengairan ini bertujuan untuk dapat memberikan pemahaman yang baik terhadap para operator dalam menggunakan website jurusan sebagai portal penyedia informasi resmi Jurusan Teknik Pengairan. Para operator ini adalah tenaga kependidikan yang bukan personil yang murni bertanggung jawab terhadap pengelolaan website sehingga tidak memiliki waktu khusus untuk mengelola website. Selain itu para operator ini memiliki keterbatasan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi informasi sehingga upaya pengelolaan website Jurusan Teknik Pengairan ini menjadi tidak maksimal selama beberapa waktu ke belakang.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam upaya pengelolaan website Jurusan Teknik Pengairan UB menjadi sangat penting mengingat website jurusan ini adalah portal informasi utama yang dimiliki oleh jurusan Teknik Pengairan. Kebutuhan pelatihan dan pendampingan ini didasari oleh permintaan langsung dari pihak Jurusan Teknik Pengairan yang memang sangat membutuhkan bantuan dari rekan-rekan di FILKOM dalam memberikan pelatihan dan pendampingan pengelolaan website jurusan tersebut, terutama ketika pimpinan jurusan memiliki harapan yang sangat besar terhadap pengelolaan website jurusan ini, namun para operatornya memiliki keterbatasan yang akan membuat proses pengelolaan website jurusan ini menjadi tidak optimal.

Pelaksanaan dari pengabdian ini dilakukan dalam beberapa tahap, yang pertama adalah melakukan identifikasi permasalahan pada mitra, kedua adalah penyusunan modul pelatihan, dan yang terakhir adalah pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan. Luaran utama yang dihasilkan adalah terbentukanya pemahaman yang baik oleh operator website terhadap tata cara pengelolaan website jurusan sebagai pusat informasi akdemik di lingkungan Jurusan Teknik Pengairan UB. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 21 September 2021 hingga hari Rabu, 22 September 2021 di ruang pertemuan Tirta Amarta Jurusan Teknik Pengairan UB. Kegiatan ini menggunakan 2 skema, yaitu dengan sistem daring dan luring terbatas dikarenakan sedang dalam masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan oleh pemerintah. Kegiatan pelatihan dilakukan secara daring dengan tujuan memberikan wawasan dan pemahaman terhadap fitur dan tata cara teknis pengelolaan website. Kegiatan pendampingan dilakukan secara luring untuk semakin memantapkan pemahaman yang sudah diperoleh pada kegiatan pelatihan sebelumnya dan tentunya dengan menggunakan protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah Republik Indonesia dan Universitas Brawijaya.(adm/drn)