Developing Interactive Mini Games

Developing Interactive Mini Games

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu program Hibah Professor 3in1 secara daring pada hari Kamis (14/10/2021) melalui Zoom Meeting dan dihadiri oleh lebih dari 300 partisipan. Pada kuliah tamu ini, PTI kembali mengundang Teguh Arie Sandy, S.Pd., M.Pd. yang merupakan CEO dari CV. Multimedia Edukasi, selain itu Teguh juga sebagai Dosen di Universitas Negeri Yogyakarta dan dimoderatori oleh Tri Afirianto, ST., MT selaku Dosen FILKOM.

Pada kesempatan kali ini, Teguh mengangkat tema kuliah tamu tentang Developing Interactive Mini Games. Materi pertama memaparkan tentang pengembangan game secara cepat menggunakan Wordwall. Wordwall merupakan aplikasi berbasis website yang pengembangannya lebih ke perbendaharaan kata berupa media pembelajaran interaktif mulai dari quiz, wordsearch, hingga anagram. Dalam Wordwall kita dapat menggunakan satu buah soal yang bisa dijadikan beberapa game/permainan. Pada kuliah tamu kali ini, tak banyak teori yang disampaikan oleh Teguh. Beliau justru memperbanyak penjelasan dengan praktek langsung dalam pembuatan game, tidak hanya itu Teguh juga memberikan contoh-contoh game yang telah dibuat agar peserta kuliah tamu dapat memahami dan mengerti permainan edukasi tersebut. Ada berbagai macam template game yang bisa dipilih dalam wordwall tersebut sehingga pengguna tidak merasa bosen dalam melakukan permainan edukasi.

Langkah-langkah dalam pembuatan game pada Wordwall cukup mudah. Kita bisa memulai dengan  mengatur template apa yang kita inginkan, kemudian kita bisa memasukkan kontennya dan yang terakhir kita bisa langsung print out atau play game tersebut. Peserta merasa antusias dalam kuliah tamu kali ini, dapat dilihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab. (ans/drn)