Research in Big Data & Big Data Requirements in Industry

Research in Big Data & Big Data Requirements in Industry

  

Masih dalam program 3-in-1, kali ini Program Studi Teknologi Informasi (Prodi TI), Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya menyelenggarakan Guest Lecture (Kuliah Tamu) dengan pemateri mengundang Professor Nazri Mohd Nawi, Ph.D dan Bagus RullyMuttaqien dengan materi yang akan disampaikan yaitu Research in Big Data & Big Data Requirements in Industry. Perlu diketahui Professor Nazri Mohd Nawi, Ph.D merupakan dosen di Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) sedangkan Bagus Rully Muttaqien narasumber dari PT. Solusi 247, Jakarta. Kegiatan Kuliah tamu ini dilaksanakan hari Jum’at (15/10/2021) secara daring melalui Zoom dan dihadiri sekitar 25 partisipan yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Prodi TI.

Mengawali materi Prof. Nazri menyampaikan dan mengenalkan jajaran dari SMC (Soft Computing and Mining Centre) Faculty of Computer Science and Information Technology, UTHM, dimana Prof. Nazri sebagai Head of SMC. Banyak program yang menjadi fokus dari SMC mulai dari smart building, smart farming, smart community infrastructures, integrated transport information, predictive maintenance dan predictive logistic.

“Ketika kita akan memulai sebuah research (penelitian) alangkah lebih baik jika kita mengetahui lebih dulu apa minat yang kita miliki dan mengetahui kemampuan dari diri. Setelah itu pahami kata kunci dan jangan sungkan untuk bertanya pada ahli agar memperoleh koneksi. Tidak lupa lakukan research collaboration agar ilmu dapat berkembang”, ujar Prof. Nazri.

Prof Nazri juga memberikan masukan mengenai topik-topik yang dapat diambil oleh mahasiswa jika ingin mengambil penelitian dalam Big Data. Big Data sangat berkontribusi dalam berbagai hal, seperti pada bidang pemerintahan, pendidikan, kesehatan, mesin, dan pertanian. Selain itu Prof. Nazri menunjukkan beberapa penelitian terbaik dalam bentuk tesis serta tren yang berkembang saat ini dalam Analisis Big Data.

Selanjutnya penjelasan Big Data dalam dunia industri oleh Bagus Rully Muttaqien dari PT. Solusi 247. PT. Solusi 247 adalah perusahaan servis IT profesional Big Data dan Teknologi Radar yang menggabungkan pengolahan data berskala besar, analisis data, machine learning dan kecerdasan buatan (AI) bertujuan membangun solusi yang strategis dan inovatif dalam berbagai bidang industri. Bagus juga mengajak para mahasiswa untuk bergabung dalam Asosiasi Ilmuan Data Indonesia (AIDI) guna menambah pengetahuan dan sharing ilmu mengenai Big Data. Banyak materi dijelaskan oleh Bagus mengenai Big Data, mulai dari proyek dari pemerintah untuk Big Data, Big Data Class, dan Modern Big Data Project.(drn)