FILKOM Kenalkan Fitur Google Pada Guru Sekolah Menenagah Pertama di Lingkup UB

FILKOM Kenalkan Fitur Google Pada Guru Sekolah Menenagah Pertama di Lingkup UB

Tim pengabdian masyarakat dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan kepada guru-guru SMP (Sekolah Menengah Pertama) di sekitar lingkungan Universitas Brawijaya. Materi pelatihan yang diberikan adalah materi yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran kepada siswa, terutama kegiatan pembelajaran secara daring (online). Tim Pengabdian Masyarakat tersebut terdiri dari 5 orang dosen Filkom UB, yaitu Bayu Rahayudi, MT, MM, sebagai ketua pelaksana kegiatan, dan Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D; Agus Wahyu Widodo, S.T, M.Cs; Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom; serta Candra Dewi, S.Kom, M.Sc, sebagai anggota tim.

Kegiatan dilaksanakan pada setiap hari Sabtu, pada tanggal 11, 18 dan 25 September 2021, mulai pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB. Kegiatan pembukaan dilaksanakan pada tanggal 11 September 2021 oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, MT, PhD, yang dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Tim Dosen Filkom UB. Peserta kegiatan ini adalah guru-guru dari beberapa SMP di sekitar Universitas Brawijaya, diantarannya dari SMP Negeri 13 Malang, SMP Brawijaya Smart School (BSS) Malang, dan SMP Muhammadiyah 4, Malang, serta SMP Muhammadiyah 6, Malang.

Mengawali materi dihari pertama pertama disampaikan oleh Bayu Rahayudi, tentang pengenalan Google Suite (Google Workspace) secara general/umum, termasuk macam-macam versinya, dan kemudian dilanjutkan dengan materi tentang Google Classroom dan Google Form yang dijelaskan oleh Arif Rahman.

Materi pertemuan kedua (18/9/2021) membahas tentang Google Meet beserta aplikasi penyertanya, dan Google Jamboard. Sedangkan Materi pertemuan ketiga (25/9/2021), tentang aplikasi Google yang  lain, yaitu Google Calendar, Google Drive, dan aplikasi penyertanya yang disampaikan oleh Agus Wahyu dan Candra Dewi.

Respon peserta kegiatan ini sangat antusias. Hal ini dapat dilihat dari sesi diskusi dan tanya jawab yang dilakukan, dimana peserta kegiatan banyak mengajukan pertanyaan. Kegiatan ditutup pada tanggal 25 September 2021, dengan apresiasi dari peserta kegiatan dan keinginan peserta agar kegiatan ini dapat dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya, untuk materi-materi yang tingkat lanjut.(byr/drn)