Pelatihan Penggunaan Google Form Untuk Perangkat Desa Dan Kecamatan Di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang (Oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat – FILKOM 2021)

Calon mitra yang akan menjadi objek dari kegiatan pengabdian kali ini adalah para perangkat desa dan kecamatan yang berada di wilayah Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Terpilihnya perangkat pemerintahan di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang sebagai mitra pengabdian karena adanya kebutuhan dan permintaan dari para perangkat pemerintahan yang bertugas di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang untuk melakukan pelatihan penggunaan layanan teknologi informasi yang dapat membantu Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) dalam aktivitas bisnisnya. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan atau literasi para pengelola badan usaha milik desa pada layanan teknologi informasi khususnya dalam pengelolaan potensi antar desa sebagai salah satu bentuk pelayanan publik. Tujuan ini akan sejalan dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 tahun 2003 yang menguraikan pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik.

Pemilihan layanan teknologi yang tepat guna, mudah dikastemisasi sesuai kebutuhan, dan tersedia secara luas dan bebas untuk dioperasikan baik dengan perangkat komputer maupun gawai melalui media internet, menjadi kebutuhan dasar dari layanan teknologi yang akan digunakan. Dan dari hasil kajian pustaka dan praktis, pilihan terbaik yang dapat memenuhi kriteria-kriteria tersebut adalah penggunaan layanan Google Form (formulir) yang disediakan oleh Google. Layanan Google Form adalah salah satu layanan awan dari Google yang memberikan akses aplikasi administrasi survei atau formulir data yang bisa diakses secara bebas dan tidak berbayar baik dari web browser di perangkat komputer maupun gawai pintar.

Pelaksanaan dari pengabdian ini dilakukan dalam tiga tahap, yang pertama adalah melakukan identifikasi permasalahan pada mitra, kedua adalah penyusunan modul serta pelaksanaan pelatihan, dan yang terakhir adalah evaluasi untuk melihat keberhasilan dari kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dengan peserta yang terdiri dari para perangkat pemerintahan desa dan kecamatan yang bertugas di BUMDesma Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Luaran yang dihasilkan adalah terbentuknya literasi penggunaan Google Form dari perangkat desa dan kecamatan sebagai pengelola BUMDesma, serta menghasilkan rancangan Google Form untuk mengumpulkan data-data potensi desa, serta mempublikasikan dan memasarkan produk-produk yang tersedia di setiap desa.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Komputer berupa pelatihan penggunaan Google Form kepada pengurus dan mitra BUMDesma di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Tim ini diketuai oleh Nanang Yudi Setiawan, ST., M.Kom., dan beranggotakan Andi Reza Perdanakusuma, ST., M.MT., Djoko Pramono, ST., M.Kom., Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, S.Kom., M.Kom., dan Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB.

Kegiatan ini dilakukan di Ruang Pertemuan Kantor BUMDesma “Wagir Berkaah”, Jl. Parangargo No.49, RT.07/RW.02, Wagir, Parangargo, Kec. Wagir, Malang, Jawa Timur 65158 pada hari Rabu (8/9/2021) pukul 10.00 – 12.00WIB. Dengan mempertimbangkan bahwa pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dilakukan secara tatap muka di Ruang Pertemuan Kantor BUMDesma Wagir di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) maka dari panitia membatasi peserta pelatihan hanya sebanyak 15 orang peserta yang merupakan mitra anggota dan pengurus BUMDesma Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Panitia dan semua peserta kegiatan telah mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah dengan menjaga jarak selama pelatihan dan senantiasa menggunakan masker.(wdy/drn)