FILKOM Kembangkan Aplikasi LESON Guna Bantu Lesson Study Bagi Guru Sekolah menengah Kejuruhan di Kota Malang

Tim dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 28 Agustus 2021. Dalam kegiatan kali ini, tim dosen bermitra dengan SMKN 2 Malang, SMKN 3 Malang, dan SMKN 6 Malang. Tim dosen  memberikan pelatihan secara daring kepada guru dan calon guru SMK, mengenai pemanfaatan aplikasi LESON yang bertujuan untuk membantu guru dalam melaksanakan dokumentasi lesson study.

Tim pengmas tersebut terdiri atas empat dosen yang dibantu oleh tiga mahasiswa Program studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) FILKOM. Mereka adalah Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd., Dr.Eng. Fitra Abdurrachman Bachtiar, S.T., M.Eng., Satrio Agung Wicaksono, S.Kom., M.Kom., Tri Afirianto, S.T, M.T., Mohammad Daffa Saifullah (2018), Mochammad Syafiuddin (2019), dan Deni Iskandar (2019). Dalam pelatihan ini turut hadir pula Dr.Eng. Ahmad Afif Supianto, S.Si., M.Kom selaku kepala Lab Teknologi Pembelajaran FILKOM periode sebelumnya. Beliau adalah ketua pengembangan aplikasi LESON. Dalam kesempatan ini beliau menjelaskan latar belakang pengembangan dan visi pengembangan aplikasi LESON selanjutnya.

“Kami senang dengan antusiasme yang tinggi dari peserta yang berasal dari mitra maupun non mitra. Target peserta yang kami adalah 50 guru dari SMK yang bermitra dengan FILKOM, namun ternyata jumlah pendaftar mencapai 142 peserta. Selain dari SMK mitra pengabdian masyarakat, peserta juga berasal dari instansi pendidikan dari Surabaya, Surakarta, Jakarta, hingga Batam.” ujar Retno.

Retno menjelaskan bahwa latar belakang dilakukannya pelatihan ini karena adanya kebutuhan alat bantu bagi guru maupun calon guru untuk melakukan kegiatan lesson study. Kegiatan lesson study merupakan merupakan salah satu model pembinaan profesi pendidik guna meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar (pedagogi). Melalui lesson study, guru dapat menguji keefektifan pengajarannya dalam rangka meningkatkan hasil pembelajaran.

Namun, dalam pelaksanaan lesson study  sering ditemui beberapa kendala terkait perekaman dan pencatatan kondisi kelas. Waktu yang singkat pada saat pelaksanaan lesson study dan banyaknya formulir yang harus diisi juga menyebabkan data yang digunakan untuk refleksi menjadi kurang komprehensif. Oleh karena itu, tim dosen mengembangkan aplikasi LESON yang dapat membantu guru dalam melaksanakan lesson study. Aplikasi LESON merupakan aplikasi pembelajaran yang dikembangkan oleh Laboratorium Teknologi Pembelajaran FILKOM UB. LESON hadir menjadi salah satu solusi/alat bantu untuk memudahkan guru model dan observer dalam mengumpulkan data kondisi kelas selama lesson study berlangsung.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan skill dalam melaksanakan lesson study yang dibantu dengan pemanfaatan aplikasi LESON. Aplikasi ini dapat mengakomodasi aktivitas observer dalam merekam hasil pengamatan dalam bentuk teks, suara, maupun video dilengkapi dengan timestamp, sehingga hasil refleksi dapat dilakukan dengan lebih konetkstual.

Pelatihan ini terdiri dari 2 kegiatan. Pada tanggal 28 Agustus 2021 dilaksanakan pelatihan daring penggunaan LESON. Selanjutnya, guru dan calon guru yang berkenan melanjutkan pelatihan (30 Agustus – 15 September 2021) dengan mengikuti kelas asinkron melalui Google Classroom dengan materi (1) Sejarah dan Manfaat Lesson Study, (2) Tahapan Lesson Study, (3) Komponen Lesson Study, (4) Pendekatan dalam Lesson Study, (5) Lesson Study sebagai sebuah penelitian bagi guru, (6) Pengembangan instrumen Lesson Study, dan (7) Pemanfaatan aplikasi LESON. Materi lanjutan ini bertujuan untuk mengulas kembali teori dan tahapan pelaksanaan lesson study, sehingga harapannya dapat mendukung dan memotivasi guru dan calon guru untuk melaksanakan lesson study.(rtn/drn)

Aplikasi LESON dapat diunduh pada tautan berikut: https://bit.ly/LESONbyFILKOM.