Computer Engineering Regeneration (CORE I & II) 2021

Program Studi Teknik Komputer (Prodi Tekkom) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer (Himatekkom UB) dalam menyelenggarakan kegiatan Computer Engineering Regeneration 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan baru atau kehidupan kampus kepada mahasiswa baru angkatan 2021/2022. Pengenalan lingkungan baru yang dalam konteks ini adalah mengenalkan lingkungan Fakultas Ilmu Komputer khususnya Program Studi Teknik Komputer. Pengenalan yang dimaksud adalah mengenai lingkup yang ada pada program studi Teknik Komputer yang didalamnya terdapat banyak elemen diantaranya sejarah kampus, keminatan, lembaga-lembaga yang ada di kampus, jenis-jenis kegiatan akademik, sistem kurikulum, cara pembelajaran yang efektif di perguruan tinggi, para pimpinan universitas, fakultas, jurusan, program studi, dosen dan civitas yang ada di Teknik Komputer.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi (CORE I dan II) dimana kegiatan pertama diselenggarakan 28 Agustus 2021 dan kegiatan kedua pada 11 September 2021 serta dilaksanakan secara daring melalui Zoom. Mengawali acara, pembukaan sebagai bentuk simbolis dari transisi dari seorang siswa menjadi calon mahasiswa baru yang dimulai dengan sambutan dari Blessius Sheldo Putra Laksono selaku ketua pelaksana CORE 2021, dilanjutkan Yosia Nindra Kristiantya selaku Ketua EMTK, dan Muhammad Eko Lutfianto selaku Koordinator FPATK, terakhir sambutan disampaikan Eko Setiawan, ST., M.Eng., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Teknik Komputer, serta pengenalan jajaran pimpinan dan dosen dari Prodi Tekkom.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan Peresmian CORE 2021 oleh Achmad Basuki, S.T., MMG., Ph.D. selaku Ketua Jurusan Teknik Informatika dengan ditandai dengan bunyi gong virtual serta pembacaan doa untuk menutup peresmian CORE 2021. Selain itu terdapat pembekalan materi terkait pengenalan kehidupan kampus yang sangat berguna bagi calon mahasiswa baru oleh Kaprodi Tekkom, Yosia Nindra Kristyantya, dan Eko Lutfianto.

Dengan adanya pembekalan serta pengetahuan mengenai kehidupan kampus dan CORE 2021, diharapkan calon mahasiswa baru nantinya dapat aktif turut serta mengambil bagian dalam kegiatan kegiatan kemahasiswaan dan menjadikan mahasiswa baru memiliki etika yang mampu mencerminkan perilaku Mahasiswa Universitas Brawijaya, lalu dengan menanamkan rasa kekeluargaan kepada mahasiswa baru guna meminimalisir kesenjangan antara mahasiswa dan dosen maupun tenaga kependidikan yang ada di FILKOM dengan menerapkan etika yang telah disampaikan dalam acara. Rangkaian kegiatan Computer Engineering Regeneration 2021 diakhiri dengan evaluasi yang akan dilakukan oleh divisi koordinasi lapangan terkait materi yang sudah didapat oleh mahasiswa baru Teknik Komputer.(drn)