Profesi Bidang Keilmuan Komputer Bersama Alumni FILKOM UB

Profesi Bidang Keilmuan Komputer Bersama Alumni FILKOM UB

Kamis (2/9/2021) FILKOM UB mengadakan kegiatan bincang dengan alumni FILKOM UB dengan tema Profesi di Bidang Keilmuan Komputer Bersama Alumni yang dipimpin langsung oleh Dr. Dian Eka Ratnawati, S.Si., M.Kom dan dihadiri oleh Ketua Jurusan Sistem Informasi, Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. serta dosen dan mahasisiwa dari Prodi Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom. Adapun alumni yang diundang yaitu Khairi Ubaidah (Assistant Web Developer & Web Designer Japan Dream Tour Co.Ltd), Sobakhul Munir Siroj (UI/UX Developer), Hilmi Aziz Bukhori (Product Management Rumah Siap Kerja), Putri Nurfadila (CONS di Telkom Indonesia) dan Dimas Fachrurrozi Azam (Full Stack Developer di Dinas Komunikasi & Informatika).

Mengawali acara, sambutan diberikan oleh Dr. Dian Eka Ratnawati, S.Si., M.Kom. yang menyampaikan bahwa kegiatan ini termasuk dalam mata kuliah wajib mahasiswa baru, yaitu Pengantar Keilmuan Komputer yang berkaitan dengan profesi di bidang keilmuan komputer.

“Terima kasih untuk para alumni dari FILKOM UB yang berkenan hadir dan meluangkan waktunya untuk memberikan ilmu serta pengalamannya kepada adik-adiknya. Teman-teman alumni nantinya dapat menyampaikan ilmu yang didapat ketika kuliah dulu, serta implementasi dan pengalamannyanya di dunia kerja sehingga dapat mengarahkan para mahasiswa kedepannya dalam memahami ilmu di bidang komputer”, ujar Dian dalam sambutannya.

Materi pertama disampaikan oleh Putri Nurfadila, yang menjelaskan prospek kedepan pada lulusan di bidang IT atau komputer. Saat ini seorang lulusan IT banyak dibutuhkan di Indonesia, karena berkembangan era digital yang sangat pesat. Hampir seluruh perusahaan dan kantor saat ini membutuhkan orang lulusan IT. Selanjutnya Dimas Fachrurrozi menyampaikan pengalaman dan masukannya kepada para mahasiswa yang hadir. Dimas memberikan masukan bahwa hardskill harus sejalan dengan softskill, karena kedua item tersebut sangat dibutuhkan di dunia kerja. Oleh karena itu sejak kuliah mahasiswa dihimbau agar melatih softskill nya seperti contoh cara berkomunikasi dengan dosen, dengan teman atau dengan masyarakat pada umumnya.

Materi ketiga disampaikan oleh Hilmi Aziz Bukhori yang bekerja di perusahaan salah satu milik Sandiaga Uno yang bergerak di bidang pendidikan. Selama di kampus mahasiswa dihimbau untuk mengikuti organisasi himpunan yang ada di kampus karena nantinya kegiatan organisasi akan sangat bermanfaat ketika sudah memasuki dunia kerja. Selain itu, mahasiswa sebaiknya juga mengikuti kegiatan internship atau magang di tempat/perusahaan yang bekerjasama dengan FILKOM. Dengan magang tersebut, mahasiswa secara tidak langsung akan mengetahui bagaimana proses dan kehidupan di dunia kerja.

Pengalaman selanjutnya disampaikan oleh Khairi Ubaidah yang bekerja di Assistant Web Developer & Web Designer Japan Dream Tour Co.Ltd. Khairi memberikan masukan untuk para mahasiswa percaya diri akan kemampuan yang dimiliki, seiring berjalannya waktu ilmu akan didapat melalui pengalaman yang dijalani asalkan ada kemampuan untuk memperbaiki diri. Terakhir Sobakhul Munir Siroj menyampaikan pengalamannya, dimana seperti Dimas Fachrurrozi mahasiswa harus mengedepankan hardskill dan softskill.

Penutup acara Ketua Jurusan Sistem Informasi, Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. memberikan apresiasi diselenggarakannya kegiatan positif ini. Harapannya para mahasiswa nantinya mampu menjelaskan brainware dan paham akan profesi keilmuan komputer. Dengan pengalaman dari alumni yang disampaikan maka akan memberikan gambaran perkembangan IT di dunia kerja atau industri saat ini. Tetap semangat untuk para mahasiswa yang baru memulai di dunia kampus untuk kedepannya.(drn)