Event Talk Skripsi 2021 Jurusan Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya melalui Jurusan Sistem Informasi menyelenggarakan Event Talk Skripsi 2021 Pada hari Sabtu (14/8/2021) yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar  70 partisipasi yang terdiri dari dosen, KBMSI dan mahasiswa Jurusan Sistem informasi. Tujuan diselenggarakannya kegiatan Event Talk Skripsi 2021 yaitu memberikan pengetahuan dan informasi baru mengenai mekanisme dan topik-topik skripsi baru bagi mahasiswa.

Materi pertama disampaikan oleh Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.S., M.AB. selaku Ketua Prodi Sistem Informasi. Beliau menyampaikan bahwa event ini dilaksanakan setiap tahunnya demi membekali mahasiswa yang akan menentukan topik skripsi yang akan diambil.

“Dalam bidang Sistem Informasi, skripsi merupakan kemampuan penelitian mendasar yang memiliki substansi penjelasan dan deskripsi mengenai suatu topik yang ingin diteliti” penjelasan dari Yusi.

Dalam paparannya Yusi juga menjelaskan secara lebih lengkap mengenai prosedur dan proses pengajuan skripsi di fakultas, mulai dari upload pra-proposal sampai dengan semhas dan ujian akhir skripsi. Pra-proposal harus didiskusikan dengan dosen pembimbing pertama yang akan memverifikasi topik yang diambil oleh mahasiswa sehingga dapat dilanjutkan untuk membuat proposal. Proses pembimbingan skripsi dilaksanakan secara daring selama masa pandemi saat ini.

Materi kedua disampaikan oleh Andi Reza Perdanakusuma, S.Kom., M.MT. yang menjelaskan topik penelitian yang ada di bidang TKMSI (Tata Kelola Manajemen Sistem informasi) yang difokuskan dalam 5 domain yang terdiri dari penyelarasan strategi IT, pengelolaan sumberdaya IT, pengelolaan resiko dalam IT, manfaat teknologi untuk disampaikan pada stakeholder dan pengukuran peforma dari teknologi. Mahasiswa dipersilahkan untuk memfokuskan topik skripsi yang akan diambil dengan fokus dari salah satu dari kelima domain tersebut. Selain itu Andi Reza juga menyampaikan tentang TKMSI Implementatif Development, Riset TKMSI Impelementatif Enchancement, TKMSI non-Implementatif Deskriptif yang dilanjutkan dengan Riset TKMSI non-Impelementatif Analitik.

Selanjutnya materi ketiga diisi oleh Nanang Yudi Setiawan, ST., M.Kom yang menyampaikan Manajemen Data dan Informasi (MDI). Disini, Nanang lebih menjelaskan gambaran secara umum topik skripsi yang ada di KJFD MDI seperti pada tipe implementatif dan non-implementatif yang terdiri dari data warehouse, bussines intelligence, big data analytics, data science dan data mining. Setelah paparan dari Nanang dilanjut penjelasan tentang penawaran topik-topik skripsi yang disampaikan Fajar Pradana, S.ST., M.Eng. Pertama Fajar menjelaskan spesifikasi bidang PSI. Fajar merekomendasikan mahasiswa dapat melihat lebih jelas dan lengkap di buku pedoman skripsi 3.0 yang sudah disediakan pada filkomapps.

Dalam persyaratan pengambilan topik skripsi, Fajar menjelaskan bahwa mahasiswa harus memiliki komitmen, yaitu siap dengan timeline waktu yang disepakati dengan dosen pembimbing, kemudian rutin menyampaikan progress pengerjaan. Selain itu, mahasiswa juga harus realistis dengan mempertimbangkan scoop topik dengan kemampuan yang dimiliki, serta topik yang ditawarkan tidak diperkenankan dibawa ke calon dosen pembimbing yang lain.

Materi kelima disampaikan oleh Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D. yang menjelaskan keilmuan dasar penunjang system informasi. Diawal paparannya Ismiarta menjelaskan peran dari KJFD (Kelompok Jabatan Fungsional Dosen) dimana mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang ilmunya. KJFD didorong untuk memberikan gambaran tentang tema dan topik skripsi, bahkan kalua bisa juga menawarkan topik skripsi. Selain itu Ismiarta juga menjelaskan lebih detil mengenai karakteristik-karekteristik skripsi di system informasi.

Sebagai penutup, materi terakhir disampaikan Djoko Pramono, S.T., M.Kom yang menyampaikan skripsi integrasi teknologi informasi dengan menjabarkan topik yang dapat diambil sesuai dengan mata kuliah yang diambil mahasiswa, seperti contoh Arsitektur Microservices, Teknologi Berbasis Cloud, Integrasi Sistem informasi dan Internet of Things. Setelah penjelasan dari dosen-dosen tadi kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab oleh mahasiswa kepada masing-masing dosen Jurusan SI yang menjelaskan materi dari awal sampai akhir.(drn)