Open Talk Daring 2021 Prodi Teknik Komputer FILKOM UB

Open Talk Daring 2021 Prodi Teknik Komputer FILKOM UB

Program Studi Teknik Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya menyelenggarakan acara Open Talk 2021 bagi mahasiswa Prodi Teknik Komputer. Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan yang kali ini dilaksanakan pada hari Selasa (22/6/2021) secara daring melalui Zoom dan dipandu oleh mahasiswa HIMATEKKOM.

Pemateri dalam Open Talk kali ini adalah Eko Setiawan, ST., M.Eng., Ph.D. selaku Ketua Prodi Teknik Komputer. Eko menyampaikan nantinya lulusan dari Prodi Tekkom harus mampu menerapkan prinsip rekayasa yaitu mendesain, mengimplementasikan, menganalisis, menyelesaikan masalah dan memelihara sistem komputer.

“Nantinya lulusan dari prodi kita harus mampu mengolah sistem komputer di sekelilingnya, khusus yang terkait dengan penerapan prinsip dan jiwa kewirausahaan, komunikasi dan kerja tim”, ujar eko dalam paparannya.

Mahasiswa juga diingatkan mengenai tata cara dan etika berkomunikasi, khususnya dengan dosen di kampus. Di jaman saat ini menurut Eko, banyak sekali mahasiswa yang menyepelekan etika ketika berbicara dengan orang lain, khususnya dengan orang yang lebih tua. Ketika akan memulai komunikasi dengan dosen alangkah lebih baik jika didahulukan dengan salam, memperkenalkan diri kemudian melanjutkan dengan menyampaikan maksud dan tujuan. Bahasa yang digunaka harus menggunakan Bahasa Indonesia secara baku.

Selain hal mendasar Eko juga menjelaskan mengenai Magang dan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Untuk program magang kali ini mengacu pada program MBKM yang dicanangkan oleh Kementerian. Fakultas menjalin kerjasama dengan industri dan instansi untuk mahasiswanya dalam mengikuti magang dan diakui di SKS nya. Sementara untuk PKL, hampir sama dengan magang hanya dibedakan waktunya yang lebih singkat (maksimal 2 bulan) sedangkan untuk magang dapat lebih lama (minimal 6 bulan).

Di akhir acara Eko juga menjelaskan mengenai tugas akhir dan skripsi yang pasti nantinya akan dijalani oleh setiap mahasiswa dan ditutup dengan tanya jawab bagi mahasiswa yang masih belum paham terkait proses akademik di kampus.(drn)