Sosialisasi Program Kewirausahaan Mahasiswa 2021

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Kewirausahaan Mahasiswa 2021 dimana kegiatan ini dibagi menjadi 2 (dua) waktu yang pertama pada hari Kamis (25/2/2021) yang dihadiri oleh Dosen FILKOM UB dan yang kedua pada hari Sabtu (27/2/2021) yang dihadiri oleh Dosen beserta para mahasiswa yang antusias berencana mengikuti Program Kewirausahaan. Hal ini dibuktikan pada acara kedua dihadiri oleh sekitar 600 peserta. Sosialisasi ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan yaitu Drs. Muhammad Arif Rahman, M.Kom, beliau menyampaikan Program Kewirausahaan ini termasuk dalam salah satu program di dalam Indek Kinerja Utama Fakultas, dengan tujuan untuk mengetahui lulusan dari FILKOM yang berwirausaha, kedua mengetahui berapa banyak mahasiswa yang berwirausaha, dan yang ketiga dosen sebagai penggerak, motivator serta pembimbing mahasiswa dalam berwirausaha. Program Kewirausahaan serta mata kuliah kewirausahaan sudah menjadi program wajib Dikti, sementara itu menjadi dosen pengajar kewirausahaan dianggap sangat penting saat ini karena menjadi faktor penggerak utama dalam kewirausahaan mahasiswa, tidak hanya berupa paper atau proposal tetapi bagaimana dapat mengimplementasikan dan menjalankan usahanya serta mendorong jiwa kompetisi dalam diri mahasiswa.

Masuk dalam materi yang pertama mengenai penjelasan lebih lanjut tentang Program Mahasiswa Wirausaha UB (PMW UB) yang dipaparkan oleh Arief Andy Soebroto, ST., M.Kom. beliau menyampaikan tujuan program ini dimana untuk meningkatkan kecakapan dan keterampilan mahasiswa khususnya sense of business, menumbuhkembangkan wirausaha baru yang berpendidikan, menciptakan unit bisnis yang berbasis IPTEKS dan membangun jejaring bisnis wirausaha pemula dengan pengusaha yang sudah mapan. Selain itu beliau juga menyampaikan syarat-syarat bagi mahasiswa yang akan mengikuti program ini, kedua penjelasan mengenai tahapan seleksi serta timeline pelaksanaan PMW UB 2021. Materi kedua mengenai Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) yang dipaparkan oleh Nurul Hidayat, S.Pd., M.Sc. Bidang Kegiatan KIBM ini mencangkup Perguruan Tinggi Akademik, Perguruan Tinggi Vokasi dan Program Disabilitas serta menjabarkan pengusul dari masing-masing kegiatan KIBM ini. Selain kegiatan KIBM beliau juga memaparkan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) yang termasuk dalam program Kampus Merdeka dan bagian dari program Kemendikbud untuk memperkuat kemandirian ekonomi nasional dan mendukung percepatan ekonomi digital.

Materi ketiga menjelaskan Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) yang disampaikan oleh Tibyani, ST, MT. Tujuan ASMI ini adalah meningkatkan motivasi kewirausahaan dan membangun ekosistem startup di Indonesia di kalangan mahasiswa. Selain itu agar dapat mempersiapkan startup mahasiswa Indonesia menjadi startup global dan membangun network antar startup mahasiswa.

Materi terakhir yaitu Pendampingan Wirausaha Mahasiswa Indonesia (PWMI) yang disampaikan oleh Dr. Kariyoto, S.E., M.M., Ak. Beliau menyampaikan bahwa pentingnya menjadi pendamping wirausaha, dalam hal ini dosen menjadi salah satu faktor utama. Pendamping dari akademisi dapat membantu mahasiswa dalam menganalisa masalah yang dihadapi serta memberikan saran dan solusi untuk memotivasi dan memberikan semangat. Mahasiswa yang berwirausaha sangat penting untuk mendapatkan pendampingan sehingga proses pembelajaran dan praktik usahanya dapat berjalan baik. Terakhir beliau menghimbau untuk para pendamping selalu memantau usaha dari mahasiswa, mulai dari saat diterima dana, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, hingga kegiatan anugerah atau expo KMI. Dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan semakin banyak mahasiswa yang tertarik dalam membangun usaha dan mendapatkan ide-ide kreatif yang dapat disalurkan dengan berkonsultasi kepada dosen pembimbing kewirausahaan dan mahasiswa yang sudah memiliki usaha dapat berkembang untuk lebih besar serta lebih baik lagi.(drn)