70 Mahasiswa FILKOM UB Lolos Seleksi Program Bangkit 2021

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak penyelenggara kepada Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), pada hasil seleksi awal program Bangun Kualitas Manusia Indonesia (Bangkit) terdapat 70 mahasiswa yang lolos. Dimana 67 mahasiswa diantaranya langsung lolos dan 3 (tiga) mahasiswa lainnya masuk daftar waiting list. Mahasiswa yang dinyatakan lolos diminta untuk segera melakukan daftar ulang paling lambat 24 Januari 2021. Sedangkan mahasiswa yang masuk waiting list akan diterima jika ada peserta yang sudah dinyatakan lolos tapi tidak melakukan daftar ulang. Untuk diketahui secara total tercatat ada 101 mahasiswa UB yang lolos seleksi awal.

Untuk FILKOM sendiri, berikut rincian jumlah mahasiswa yang diterima program bangkit berdasarkan program studinya:

  • Prodi Teknik Informatika (51 mahasiswa lolos, dan 3 mahasiswa waiting list)
  • Prodi Teknik Komputer (1 mahasiswa)
  • Prodi Sistem Informasi (9 mahasiswa)
  • Prodi Teknologi Informasi (4 mahasiswa)
  • Prodi Pendidikan Teknologi Informasi (2 mahasiswa)

Dr.Eng Herman Tolle, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik FILKOM UB menyampaikan bahwa keikutsertaan mahasiswa dalam program Bangkit 2021 adalah merupakan implementasi kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Keikutsertaan mereka akan termasuk kategori kegiatan Proyek Independen yang disetarakan dengan 20 sks perkuliahan.

“Informasi detail mengenai penyetaraan kegiatan dapat dilihat pada Surat Edaran Dekan FILKOM pada bagian pengumuman di website filkom.ub.ac.id. Bagi mahasiswa yang telah diterima pada program Bangkit 2021 tidak perlu mengikuti perkuliahan regular tetapi cukup memprogram KRS dengan mata kuliah (MK) penyetaraan yang sudah ditentukan oleh Prodi,” jelas Herman.

Untuk diketahui, Program Bangkit 2021 adalah official Program Kampus Merdeka yang diinisiasi oleh Google dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program ini dikemas dalam bentuk kegiatan pelatihan terstruktur dengan durasi total mencapai 900 jam kegiatan yang dilakukan secara daring selama 1 (satu) semester dalam masa pandemi. Bangkit 2021 bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam bidang IT yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan industri yang berbasis Teknologi Informasi saat ini. Terdapat 3 (tiga) learning path yang bisa dipilih oleh peserta dalam program Bangkit 2021 yaitu (1) Machine Learning with Tensorflow, (2) Mobile Programming with Android dan (3) Cloud Computing with Google Cloud.

Tidak hanya mempelajari materi teknis sesuai learning path tersebut, para peserta program Bangkit 2021 juga akan diberikan materi terkait pengembangan karir dalam bidang entrepreneurship. Selain itu para peserta juga akan mengerjakan capstone project sebagai bagian dari pembelajaran. [dna]