PTIIK Terima Kunjungan SMAN 1 Sidodadi Lamongan

PTIIK Terima Kunjungan SMAN 1 Sidodadi Lamongan

Selasa, 15 Januari 2013 Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya Malang menerima kunjungan sekitar 120 siswa-siswi dari SMA Negeri 1 Sidodadi Lamongan. Kunjungan para siswa-siswi kelas XII IPA yang didampingi oleh 7 orang gurunya ini dengan tujuan untuk mencari informasi tentang disiplin ilmu yang dapat dipilih siswa selepas dari bangku SMA. Karena banyaknya siswa yang berkunjung maka saat penyambutan dan pengarahan siswa dibagi dalam 2 (dua) kelompok, sehingga bisa mendapatkan materi yang sama secara bergantian.

Kunjungan dibuka dengan sambutan dari Kepala Tata Usaha PTIIK, Dra. Endang Budha Mahadyawati, M.AP yang memberikan ucapan selamat datang sekaligus memberikan gambaran umum tentang PTIIK.
“Jadi PTIIK ini merupakan program baru yang merupakan cikal bakal fakultas. Meski masih baru kita sudah memiliki fasilitas yang dapat mendukung proses pembelajaran, seperti berbagai macam laboratorium,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu para siswa SMA Negeri 1 Sidodadi juga diberikan materi mengenai macam-macam laboratorium yang dimiliki PTIIK, oleh  Ivan Yulfrian, S.Kom., salah satu staff unit Badan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK) PTIIK.  Menurut Ivan laboratorium yang telah dimiliki oleh PTIIK antara lain; Lab. Komputer Dasar,  Lab. Jaringan Komputer, Lab. Rekayasa Piranti Lunak, Lab. Sistem Informasi, Lab. Sistem Cerdas, Lab. Komputasi dan Multimedia, Lab. Sistem Komputer dan Robotika, dan Lab. Pengembangan Game.
“Jadi masing-masing laboratorium memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Namun secara garis besar laboratorium yang ada di PTIIK ini digunakan untuk mendukung kegiatan praktikum mahasiswa dan juga sebagai tempat untuk melakukan riset/penelitian. Seperti Lab. game biasanya digunakan mahasiswa dan dosen untuk melakukan riset, perancangan dan pengembangan game yang akan diikutkan dalam perlombaan tingkat nasional maupun internasional,” ujar Ivan.

Tidak hanya mendapatkan penjelasan secara lisan saja, para siswa juga diajak untuk mengunjungi dua laboratorium milik PTIIK yaitu lab. Game dan lab. Robotika. Berada di Lab. game, para siswa diterima baik oleh Eriq M. Adams J, ST., M.Kom selaku Kepala Divisi Game dan Mobile Programming dan Wibisono Sukmo Wardhono ST., MT. selaku Kepala Divisi Computer Vision. Berbagai game hasil karya para mahasiswa PTIIK, baik yang pernah menjuarai kompetisi tingkat nasional dan internasional disampaikan kepada para siswa SMA Negeri 1 Sidodadi. Eriq juga menyampaikan pada siswa yang memang berminat untuk menggeluti bidang game ini, maka sejak SMA harus meningkatkan pengetahuannya di berbagai mata pelajaran yang dapat menunjang pemrograman/pembuatan game.
“Jadi untuk adik-adik yang memang berminat untuk menggeluti bidang game ini, sejak sekarang pengetahuannya di mata pelajaran matematika dan fisika juga harus ditingkatkan ya. Karena matematika dan fisika ini nantinya akan sangat berguna kalau adik-adik akan membuat sebuah game,” papar Eriq.

Kegiatan kunjungan ini diakhiri suguhan aksi dari robot-robot hasil karya mahasiswa PTIIK. Berbagai robot yang ditampilkan antara lain robot dengan sensor suara, robot dengan sensor gerak, dan robot yang diprogram dapat melakukan tarian gangnam style. (dna)