Meraih 2 perak, PTIIK UB Siap Fight di Gemastik 2013

Tim PTIIK UB berhasil meraih 2 Perak dalam ajang bergengsi Gemastik 2012 yang diselenggarakan pada tanggal 11 Oktober 2012 di Institut Teknologi Bandung (ITB). Dengan memberangkatkan 2 tim, PTIIK menunjukkan prestasi yang luar biasa dengan menyapu 2 gelar di kategori yang diikutsertakan. Gemastik merupakan ajang bergengsi dan prestisius di kalangan perguruan tinggi TIK di Indonesia dimana penyelenggara acara ini adalah DIKTI dengan juri baik dari akademisi berbagai perguruan tinggi dan praktisi TIK nasional. Dengan total hadiah mencapai 250 juta, Gemastik 2012 kali ini melombakan 9 kategori dengan rata-rata perguruan tinggi mengirimkan lebih dari 10 tim sehingga persaingan memperebutkan kejuaraan bergengsi ini sangat ketat. Dengan hanya 2 tim, PTIIK UB telah mampu berbicara di ajang nasional dengan meraih 2 perak.

Bukan berarti tanpa hambatan, tim PTIIK UB juga banyak melalui hambatan dalam meraih juara kali ini. Kendala utama dari tim ini adalah kurangnya persiapan. Kurang mantapnya persiapan membuat PTIIK hanya mampu meloloskan 2 tim menuju final, padahal mengingat cukup baiknya sumber daya di PTIIK UB, seharusnya PTIIK dapat meloloskan pesertanya lebih dari 10 tim. Tetapi kendala tersebut tidak menyurutkan semangat dari tim PTIIK UB dalam menghadapi kerasnya persaingan di Gemastik 2012 kali ini. “Alhamdulillah, berkat doa dan semangat dari segenap Civitas PTIIK maupun Universitas Brawijaya, tim kami dapat berbicara di ajang yang sangat bergengsi ini. Meskipun tidak mudah kami tetap semangat untuk meraih gelar di 2 kategori dimana kami lolos ke final. harapan saya kedepannya mungkin untuk lebih dipersiapkan sejak dini baik untuk persiapan, bimbingan, dan suntikan semangat agar kedepannya Universitas Brawijaya mampu meraih Juara Umum.” ujar Ismiarta Aknuranda, ST., M.Sc., Ph.D selaku pembimbing dari tim iNto D, peraih medali perak pada kategori permainan bisnis.

Menariknya, tim Legendary TPL dari PTIIK UB berhasil menyingkirkan tim-tim dari UI dan ITB dalam kategori Pengembangan Permainan dengan dibimbing oleh Eriq Muhammad Adams J., ST., M.Kom mereka mampu meraih point maksimal mengalahkan tim-tim lain yang mayoritas dikuasai UI dan ITB meski belum mampu menggeser tim wrinkleproof dari Politeknik Negeri Batam. “Sungguh luar biasa, kami tidak menyangka bisa meraih medali perak dalam kategori ini. tanpa bimbingan bapak Eriq, mungkin kami tidak akan pernah tahu apa itu Gemastik. Sesuai dengan karakter beliau yang aktif, kreatif dan inovatif, kami mampu mempersembahkan karya dan prestasi ini untuk PTIIK dan Universitas Brawijaya“, ujar Kukuh Heru Irawan, mahasiswa Informatika 2007. berikut adalah nama-nama pemenang dari tim PTIIK Universitas Brawijaya.

Kategori  Pengembangan Pemainan ( Juara II)
Legendary TPL – Universitas Brawijaya

  1. Kukuh Heru Irawan   ( 0710683017)
  2. Aldian Lodewyk Manuputty   (0710683014)
  3. Wisnu Aditya   (0710683011)

Kategori Permainan Bisnis
iNto D – PTIIK Universitas Brawijaya

  1. Naldo Sancho Liman   (105060801111061)
  2. Dwi Fetiria Ningrum   (10506080111038)
  3. Nania Nuzulita   (105060801111051)

Kedepannya, diharapkan PTIIK UB dapat lebih mempersiapkan pembinaan kepada mahasiswa dengan memberikan arahan, bimbingan, dan semangat sehingga mampu melahirkan prestasi prestasi baru bagi PTIIK khususnya dan Universitas Brawijaya pada umumnya. Tidak lupa, dukungan moral maupun material dari segenap civitas PTIIK akan menjadi amunisi utama bagi PTIIK untuk meraih prestasi-prestasi baik di ajang Gemastik 2013 maupun ajang bergengsi lainnya. (edw)