Layanan Akademik

 Nama Jenis LayananTautan JSITautan JTIFKeterangan
1Pengajuan PKL Jurusanhttps://bit.ly/DaftarPKL_JSIhttps://s.ub.ac.id/pengajuan-pkl-jtif- Pengajuan PKL telah lulus minimal 96 sks dari beban kredit program sarjana
- Status SIAM : Aktif
- Waktu pelaksanaan PKL minimal 2 bulan
2Pengajuan Perpanjangan Masa Pelaksanaan PKL Jurusanhttp://bit.ly/PengajuanPerpanjanganMasaPelaksanaanPKL_JSIhttps://s.ub.ac.id/pkl-2b-jtifa. Untuk PKL Reguler :
- Form PKL-2B (sudah ttd Dosen Pembimbing)
- Form PKL-1C dan Form PKL-1D
- Surat Balasan diterima dari Tempat PKL (ttd & stempel)
b. Untuk PKL KJFD (JTIF) :
- Form PKL-2B (ttd Pembimbing PKL)
- Form PKL KJFD-5A (sudah lengkap ttd sebelum Ketua Jurusan)
3Pengajuan Perpanjangan Masa Pengerjaan Laporan PKL Jurusanhttp://bit.ly/PengajuanPerpanjanganMasaPelaporanPKL_JSIhttps://s.ub.ac.id/pkl-3e-jtifa. Untuk PKL Reguler :
- Form PKL-3E (sudah ttd Dosen Pembimbing)
-> Bisa cek penulisan tanggal pengajuan 3E pada contoh di GForm
- Form PKL-2D
- Surat Balasan diterima dari Tempat PKL
b. Untuk PKL KJFD (JTIF):
- Form PKL-3E (ttd Dosen Pembimbing)
- Form PKL KJFD-5A (sudah tertandatangani kkjfd) :
-> Rekayasa Perangkat Lunak : Achmad Arwan, S.Kom., M.Kom
-> Komputasi Cerdas : Achmad Ridok, Dr. Drs., M.Kom
-> Multimedia, Game dan Mobile : Agi Putra Kharisma, S.T., M.T
-> Komputasi Berbasis Jaringan : Fariz Andri Bakhtiar, S.T., M.Kom.
-> Rekayasa Perangkat Cerdas : Rizal Maulana , S.T., M.T., M.Sc
-> Rekayasa Sistem Komputer : Rakhmadhany Primananda, S.T., M.Kom.
4Pengajuan Pembatalan pelaksanaan PKL Jurusanhttp://bit.ly/PembatalanPengajuanPKL_JSIhttps://s.ub.ac.id/pembatalan-pkl-jtifa. Untuk PKL Reguler :
- Bukti persetujuan Dosen Pembimbing (bisa berupa chat WA)
- Surat Balasan diterima dari Tempat PKL
- Bukti percakapan Perusahaan (bukti percakapan bisa dari WA dengan perwakilan dari Perusahaan).
b. Untuk PKL KJFD (JTIF) :
- Bukti persetujuan Dosen Pembimbing (bisa berupa chat WA)
- Form PKLKJFD-5A
- Bukti percakapan dg pembimbing (bukti percakapan bisa dari WA dari Pihak KJFD).
5Pendaftaran Seminar Hasil PKL Jurusanhttp://bit.ly/PendaftaranSemhasPKL_JSIhttps://s.ub.ac.id/daftarsemhas-pkl-jtif
6Form PKL Lomba Jurusanhttp://bit.ly/FormulirPKLLomba_JSIhttps://s.ub.ac.id/templates-jtif
7Form PKL Instansi Jurusanhttp://bit.ly/FormulirPKLInstansi_JSIhttps://s.ub.ac.id/templates-jtif
8Formulir Berkas Akhir PKL Jurusan (Menyesuaikan jenis PKL)https://bit.ly/Upload3FdanLembarPengesahanLaporanPKLhttps://s.ub.ac.id/pengumpulan-form-pascasemhaspkl-jtif
9Konfirmasi diterima PKLhttps://bit.ly/DaftarPKLYangDiterimahttps://s.ub.ac.id/konfirmasiditerimapkl-jtifMahasiswa mengirimkan Surat Balasan Diterima dari pihak instansi dan Form 1D ke email jurusan jsi.filkom@ub.ac.id atau ke email dwinurindah@ub.ac.id
10Surat Pengantar Tugas Mata Kuliahhttps://bit.ly/SuratPengantarTugasMataKuliahFilkom(sama)1. Selama Masa Tanggap Darurat Covid-19 Surat Pengantar Tugas Mata Kuliah Yang Sudah Diproses Akan Dikirim Melalui Email

2. Silahkan download Form Persetujuan Dosen Pengampu Mata Kuliah di sini

3. Isi dan cetak Form yang telah didownload serta minta tanda tangan kepada Dosen Pengampu Mata Kuliah

4. Form Persetujuan Dosen Pengampu Mata Kuliah yang telah lengkap dan tertanda tangani oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah diupload melalui Google Form ini

5. Proses penerbitan surat pengantar 3 HARI KERJA terhitung dari mahasiswa memberikan Form Persetujuan Dosen Pengampu Mata Kuliah

6. FAQ : 081132257272 (WA Center Akademik Filkom) dan halofilkom.ub.ac.id
11Surat Aktif Kuliahhttps://bit.ly/SuratAktifKuliahFilkom(sama)1. Selama Masa Tanggap Darurat Covid-19 Surat Aktif Yang Sudah Diproses Akan Dikirim Melalui Email

2. Surat Diproses Kurang Lebih 3 HARI KERJA setelah data tersubmit (Sabtu, Minggu dan Tanggal Merah tidak dihitung karena Libur

3. Surat Keterangan Aktif Mahasiswa yang digunakan khusus untuk keperluan Lomba silakan mengakses link ini, kemudian dikirim ke email filkomakademik@gmail.com

4. FAQ : 081132257272 (WA Center Akademik Filkom) dan halofilkom.ub.ac.id
12Surat Pengantar Pengambilan Data Skripsi/Tesishttps://bit.ly/SuratPengantarPengambilanDataSkripsiTesisFilkom(sama)1. Selama Masa Tanggap Darurat Covid-19 Surat Pengantar Data Skripsi/Tesis Yang Sudah Diproses Akan Dikirim Melalui Email

2. Silahkan download Form Persetujuan Pengambilan Data Skripsi di sini

3. Isi dan cetak Form yang telah didownload serta minta tanda tangan kepada Dosen Pembimbing

4. Form Persetujuan Pengambilan Data Skripsi yang telah lengkap dan tertanda tangani oleh Dosen Pembimbing diupload melalui Google Form ini

5. Proses penerbitan surat pengantar 3 hari kerja terhitung dari mahasiswa memberikan Form Persetujuan Pengambilan Data Skripsi

6. FAQ : 081132257272 (WA Center Akademik Filkom) dan halofilkom.ub.ac.id
13Cetak Transkrip Nilai Akademikhttps://bit.ly/TranskripNilaiFilkomValidasi Transkrip keperluan Semhas/ Ujian Skripsi di JTIF (TIF dan Tekom)
https://s.ub.ac.id/validasi-hapus-mk-kps-jtif
1. Selama Masa Tanggap Darurat Covid-19 Transkrip Nilai Yang Sudah Diproses Akan Dikirim Melalui Email

2. Alur Cetak & Estimasi Waktu Proses Transkrip Nilai Bisa Diunduh / Dilihat Di sini

3. Transkrip Diproses Setelah Data Tersubmit (Sabtu, Minggu Dan Tanggal Merah Tidak Dihitung Karena Libur)

4. Untuk Memeriksa Transkrip Yang Sudah Kami Kirim, Silahkan Cek Di Inbox / Spam Email Anda

5. FAQ : 081132257272 (WA Center Akademik Filkom) dan halofilkom.ub.ac.id
14Legalisir Ijasah, Transkrip, SKL dan Akreditasi Prodihttps://bit.ly/LegalisirFilkom(sama)1. Silahkan Lengkapi isi data dibawah ini,
2. Proses legalisir 3 Hari Kerja,
4. Untuk pembayaran biaya legalisir ditransfer ke BNI No Rek 772187874 Atas Nama Rektor UBM QQ Non Reguler
5. FAQ : 081132257272 (WA Center Akademik Filkom) dan halofilkom.ub.ac.id
15Pendaftaran semhas dan sidang skripsi : Form Mahasiswahttps://bit.ly/FilkomUBSeminarHasil(sama)Tahapan pendaftaran semhas :
*Mhs mendaftar pada Filkom Apps
*Mengisi GForm ini
*Berkas yg perlu diperhatikan :
(1) KTM (Nama file: Prodi-NIM-KTM.jpg) ;
(2) Hasil Uji Turnitin (Prodi-NIM-OrisinalitasSkripsi.pdf) maks 25% ;
(3) SKM (Prodi-NIM-SKM.pdf)
(4) Bukti Bebas UKT smt terakhir (Prodi-NIM-BebasTanggungan.jpg)
(5) Transkrip Sementara (Prodi-NIM-Transkrip.pdf)
16Pendaftaran semhas dan sidang skripsi : View Mahasiswahttps://bit.ly/FilkomUB_CekSemhas(sama)Jika ada berkas yg belum lengkap, mhs cukup mengupload pada folder drive & tidak perlu mengisi GForm kembali
17Pendaftaran Yudisium : Form mahasiswahttp://bit.ly/FilkomUBYudisium(sama)Mengisi formulir sesuai dengan data yang diminta, selanjutnya bisa melihat progres pada link View yudisium
18Pendaftaran Yudisium : View mahasiswahttp://bit.ly/FilkomUB_CekYudisium(sama)
19Pengajuan bebas tanggungan laboratoriumhttp://bit.ly/BebasTanggunganLaboratorium(sama)Mengisi formulir sesuai dengan data yang diminta, selanjutnya menunggu balasan melalui email oleh pihak laboran
20Pengajuan bebas tanggungan perpustakaan UB Pusathttp://bit.ly/BebasTanggungganPerpus2021(sama)Mengisi formulir sesuai dengan data yang diminta, selanjutnya menunggu balasan melalui email oleh pihak Perpustakaan Universitas Brawijaya
21Pengajuan tanda tangan ketua jurusan pada lembar pengesahan laporan akhir (PLP,PKL,Skripsi dan Tesis ) dan validasi SC2-18 Poin 2http://bit.ly/ValidasiLPPKLdanTA(sama)Berkas yg dilampirkan saat pengajuan Lembar Pengesahan PKL/ Skripsi :
(1). Cover lembar putih bukan biru (Template harus sudah sesuai)
(2). Lembar Pengesahan yang telah tertandatangani pembimbing 1 & 2 (TA/Skripsi/ Tesis) atau pemb 1 (PKL)
(3). Lembar Orisinalitas yang telah dibubuhi tandatangan & materai 10000 oleh mahasiswa
(4). Daftar Isi (Tidak boleh ada tulisan Error! Bookmark not defined)
(5). Abstrak (IN & EN)
(6). Lembar Daftar Pustaka
(7). Poin 1a-f dijadikan 1 file PDF rapi (non gambar) & bukan file terpisah
22Pengajuan bebas tanggungan ruang baca FILKOMhttps://bit.ly/UploadLaporanAkhirRuangBaca(sama)
23Pengajuan pengambilan ijazahhttps://bit.ly/Pengambilan_Ijazah_FilkomNama tautan diedit sesuai kebutuhan. Misal : bit.ly/PengambilanIjazahFILKOM