(Update) Tahapan Pendaftaran Program Magister Ilmu Komputer FILKOM UB

(Update) Tahapan Pendaftaran Program Magister Ilmu Komputer FILKOM UB

Berikut adalah tahapan pendaftaran Program Magister Ilmu Komputer FILKOM UB:

  1. Calon peserta login pada  https://admisi.ub.ac.id menggunakan akun Gmail
  2. Gunakan alamat email Gmail yang benar dan valid untuk melakukan verifikasi email pendaftar;
  3. Login ke email Gmail dan lakukan verifikasi melalui link verifikasi pada email yang dikirim oleh Admisi UB. Setelah email terverifikasi, pendaftar dapat mulai melakukan proses pendaftaran;
  4. Pendaftar memilih Seleksi Pasca FILKOM Magister, kemudian melakukan request KODE PEMBAYARAN;
  5. Proses pendaftaran mulai dari request kode bayar sampai dengan finalisasi dilaksanakan secara daring melalui laman https://admisi.ub.ac.id pada tanggal:
    1. Gelombang 1: 16 Maret – 30 April 2020
    2. Gelombang 2: 18 Mei – 10 Juli 2020
  6. Apabila proses request berhasil, maka Anda akan memperoleh KODE PEMBAYARAN(13 digit);
  7. Biaya pendaftaran sebesar  Rp.1.000.000 (satu juta rupiah) disetor pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
  8. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapunHarap mengikuti tata cara pembayaran sebagai berikut :
    1. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BRI
    2. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
    3. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BNI
  9. Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman https://admisi.ub.ac.id. Harap menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan;
  10. Setelah konfirmasi, pendaftar dapat melakukan pengisian pendaftaran Seleksi Pasca FILKOM Magister, termasuk mengupload berkas-berkas seperti pada daftar berkas di bawah;
  11. Setelah pendaftaran selesai, peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran Seleksi Pasca FILKOM Magister.
  12. Calon peserta mencetak Kartu Peserta Ujian.

Terkait dengan berkas-berkas yang perlu disiapkan dan diupload pada pendaftaran daring, pendaftar harus mempersiapkan sebagai berikut

  1. Mendownload dan Mengisi Form Pendaftaran yang dapat diunduh di link berikut: http://mcs.filkom.ub.ac.id/unit/prodi/milkom/read/reguler/b499465
  2. Menyiapkan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang.
  3. Menyiapkan fotokopi sertifikat IBT TOEFL atau PBT TOEFL atau IELTS yang masih valid (berumur < 2 tahun TMT tanggal tes).
  4. Menyiapkan fotokopi sertifikat TPA OTO BAPPENAS yang masih valid (berumur < 2 tahun TMT tanggal tes).
  5. Menyiapkan pasfoto berwarna terbaru: ukuran 4×6 (2 lembar) dan 3×4 (2 lembar).
  6. Berkas-berkas pendaftaran yang sudah dipersiapkan sebelumnya yaitu:
    1. Formulir Pendaftaran
    2. Bukti pembayaran pendaftaran
    3. Form pendaftaran yang telah diisi.
    4. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang.
    5. Fotokopi transkrip yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang.
    6. Fotokopi sertifikat IBT TOEFL atau PBT TOEFL atau IELTS yang masih valid.
    7. fotokopi sertifikat TPA OTO BAPPENAS yang masih valid.
    8. Pasfoto terbaru: ukuran 4×6 (2 lembar).
    9. Pasfoto terbaru: ukuran 3×4 (2 lembar).
    10. Publikasi karya ilmiah (jika ada)
    11. Surat pernyataan kesanggupan studi yang bermaterai.
    12. Surat pernyataan sumber biaya yang bermaterai.
    13. Sinopsis rencana studi.
    14. Kartu ujian
    15. Sertifikat penghargaan,pelatihan, seminar, symposium dsb (jika ada)Harus diserahkan ke panitia seleksi, untuk Gelombang I paling lambat tanggal 5 Mei 2020 dan Gelombang II paling lambat tanggal 14 Juli 2020. Semua berkas-berkas pendaftaran harus difotokopi rangkap 2, dan dikirimkan/diserahkan ke:

Panitia Seleksi Mahasiswa Baru (Panselmaba)
Program Studi Magister Ilmu Komputer
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM)
Universitas Brawijaya
Jl. Veteran No. 8
Malang, Jawa Timur
Indonesia – 65145

  1. Pada saat verifikasi berkas calon mahasiswa baru wajib datang dan membawa berkas-berkas pendaftaran asli yang telah dikirimkan melalui email.
  2. Pendaftaran dapat dilakukan melalui email, dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Semua syarat pendaftaran discan dan dikirimkan ke email: magister.ilkom@ub.ac.id, dengan menyertakan data diri berupa Nama dan No telepon/HP yang aktif pada email.
    2. Berkas yang dikirimkan via email akan diverifikasi kelengkapannya oleh bagian akademik dan akan diinformasikan kembali ke pendaftar dalam waktu 2-3 hari melalui email.
    3. Untuk pendaftar Gelombang I, pada saat verifikasi berkas 4 – 5 Mei 2020 (pukul 08.00 –15.00), calon mahasiswa baru wajib datang dan membawa dokumen pendaftaran asli yang telah dikirimkan melalui email.
    4. Untuk pendaftar Gelombang II, pada saat verifikasi berkas 13 – 14 Juli 2020 (pukul 08.00 – 15.00), calon mahasiswa baru wajib datang dan membawa dokumen pendaftaran asli yang telah dikirimkan melalui email.
    5. Syarat-syarat yang belum bisa terpenuhi pada saat pendaftaran harus dipenuhi pada saat proses verifikasi berkas.