Kuliah Tamu NI “Perkembangan Teknologi Embedded System”

Kuliah Tamu NI “Perkembangan Teknologi Embedded System”

Program Teknologi Informatika dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya yang bekerjasama dengan Leader Indusutri Embedded System, National Instruments (NI) kembali menyelenggarakan kuliah tamu bagi para mahasiswa baru PTIIK 2014 Prodi Sistem Komputer.  Kuliah tamu yang bertemakan “Perkembangan Teknologi Embedded System” ini berlangsung selama kurang lebih dua jam (24/11). Bertempat di studio UB TV, Gedung Rektorat Lt. 2 hadir sebagai pemateri, Krisna Wisnu selaku Field Applications Engineer NI Indonesia. Terlihat para mahasiswa baru PTIIK 2014 Prodi Siskom begitu antusias mengikuti kegiatan kuliah tamu tersebut.

Kuliah tamu dibuka dengan sambutan dari Ir. Heru Nurwasito, M.Kom., Wakil Ketua I Bidang Akademik PTIIK yang memaparkan penjelasan singkat mengenai embedded system dan perkembangan proses pengesahan Sistem Komputer sebagai salah satu Prodi di PTIIK UB. Setelahnya tidak ketinggalan Kepala Prodi Siskom, Adharul Muttaqin, ST., MT. juga menyampaikan bahwa sejumlah enam dosen PTIIK telah berhasil mendapatkan Certified LabVIEW Associate Developer (CLAD). Enam sertifikat tersebut adalah yang pertama kalinya diberikan kepada warga negara Indonesia selain pegawai NI. Enam dosen PTIIK tersertifikasi CLAD tersebut adalah; Adharul Muttaqin, S.T., M.T., Barlian Henryranu Prasetio, S.T. ,M.T., Wijaya Kurniawan, ST., MT., Mochammad Hannats Hanafi l., S.ST., M.T., Agung Setia Budi, S.T, M.T, M.Eng. dan Hurriyatul Fitriyah, ST., M.Sc. Dengan adanya dosen tersertifikasi dan laboratorium yang dilengkapi teknologi NI, maka PTIIK kemudian dapat menyelenggarakan pelatihan serta sertifikasi NI LabView bagi mahasiswa ataupun pihak lain yang membutuhkan.
“Sebelumnya sudah ada beberapa orang Indonesia dari berbagai universitas yang mengikuti tes sertifikasi ini, tapi belum lulus. Kita yang pertama di Indonesia selain pegawai NI yang bisa lulus dan mendapatkan sertifikasi ini,” ujar Adharul.

Sebagai pemateri utama, Krisna membuka pemaparannya dengan memperkenalkan perusahaan National Instruments dan LabView sebagai salah satu produknya. LabView merupakan suatu bahasa pemrograman high-class yang bersumber dari bahasa C. Dimana bahasa pemrograman ini ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalan manusia pada umumnya. Selain itu, Krisna juga menjelaskan bahwa bahasa pemrograman LabView merupakan Grapical Programming yang memungkinkan pengguna dapat mengkodingkan suatu program dengan gambar. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghemat waktu dalam proses pengkodingan.

Pada akhir paparannya Krisna juga sempat memberikan motivasi kepada mahasiswa baru Siskom 2014 agar sejak dini mulai merancang tahapan dalam pencapaian target yang diinginkan di masa depan. Acara kemudian ditutup dengan suguhan penampilan grup akustik PTIIK dan sesi foto bersama Perwakilan NI dan dosen Siskom. [panitia div. Pdd/dna]