Seleksi JCI BBPC 2016 Tingkat FILKOM UB

Seleksi JCI BBPC 2016 Tingkat FILKOM UB

Junior Chamber International (JCI) Indonesia adalah organisasi nasional pemuda non – politik dan non – sekretarian, bagian dari organisasi kepemudaan internasional terbesar di dunia yang berafiliasi pada PBB, Junior Chamber International.

Organisasi ini merupakan komunitas internasional bagi orang – orang yang berusia antara 18 – 40 tahun dengan maksud dan tujuan untuk menciptakan perubahan positif di seluruh dunia. Selain itu juga untuk menyebarluaskan kepada masyarakat dunia bahwa setiap manusia memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri; bahwa setiap insan manusia di dunia adalah sama kedudukannya; bahwa di dunia ini terdapat saling ketergantungan; bahwa di dunia ini bukan milik perorangan akan tetapi dunialah yang memiliki manusia.

Bentuk Acara JCI Best Business Plan Competition (JCI BBPC) 2016

Adapun Bentuk Event 2016 JCI Indonesia Best Business Plan Competition adalah :

  1. Competition: Kompetisi Business Plan bagi para Entrepreneur Muda.
  2. JCI Indonesia Young Leader Forum: Talkshow tentang Bisnis dan Kepemimpinan oleh Para Tokoh Pebisnis dan Pemimpin Muda Nasional dan Internasional.

Hadiah bagi Pemenang:

  1. Juara I: Rp. 100.000.000
  2. Juara II: Rp. 50.000.000
  3. Juara III: Rp. 25.000.000
  4. Finalis @Rp. 5.000.000

Bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) yang berminat untuk mengikuti kompetisi tersebut diatas, FILKOM akan menyelenggarakan pembekalan dan seminar pada jadwal sebagai berikut:

Pembekalan JCI BBPC 2016

:

2 September 2016

Seminar JCI BBPC 2016

:

10 September 2016

Ketentuan Pendaftar:

  1. Mahasiswa aktif S1 FILKOM UB
  2. Sudah memiliki konsep wirausaha
  3. Pendaftaran via sms ke nomor 083834287285 (Dito) dengan mencantumkan Nama serta NIM
  4. Bagi mahasiswa yang telah mendaftar, maka waktu dan tempat pembekalan akan diinformasikan lebih lanjut via mobile

Sistematika dan Format Tulisan

  1. Tulisan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan (EYD)
  2. Garis besar sistematika penulisan sesuai dengan format penulisan dibawah ini: Times New Roman 12, spasi 15, kertas A4, Margin: 3-3-3-3
  3. Desain proposal bebas
  4. Setiap proposal Business Plan harus berisi:
    Judul rencana bisnis:
    Berisi tentang judul yang dapat mencakup tema dan tujuan dari bisnis yang diajukan, dapat memberikan kesan menarik, unik dan khas
    Executive summary:
    Merupakan penjelasan singkat mengenai isi proposal yang dberikan. Maksimum satu halaman yang dapat mencakup semua isi proposal bisnis
    Rencana bisnis:
    a) Penjelasan singkat tentang bisnis: merupakan penjelasan singkat terhadap bisnis yang diajukan, alasan mengapa membuat bisnis tersebut, dapat dicantumkan Visi, Misi, Tujuan dan Manfaat bisnis tersebut.
    b) Struktur Organisasi Bisnis: merupakan daftar pengurus perusahaan yang dapat dijelaskan dengan menggunakan organization tree.
    c) Analisa SWOT: merupakan penjelasan ringkas dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Kekuatan) dan Treaths (Hambatan) dari bisnis yang diangkat.
    Strategi Bisnis:
    merupakan penjelasan ringkas dari strategi yang didapat dalam penjualan atau pemasaran produk bisnis tersebut. Strategi ini meliputi cara peserta dalam melaksanakan bisnis hingga dapat laku dipasaran, seperti membahas: Langkah-langkah Promosi yang ditempuh, Target Pasar, Keunikan Produk atau Brand yang diangkat.
    Proyeksi Keuangan dan Analisis Laba Rugi:
    merupakan penjelasan singkat dari proyeksi modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Cantumkan pula Return atau penerimaan yang didapat dari pembiayaan bisnis tersebut.
    Rencana Aktivitas dan Penjadwalan:
    merupakan rencana aktivitas dari awal rencana bisnis itu dijalankan sempat beroperasi (workflow), dan juga disertakan timelinenya.

Kriteria Penilaian

  1. Orisinalitas
  2. Kreatifitas, inovasi dan ide usaha yang ditawarkan
  3. Sistematika penyajian dan detail pembahasan
  4. Rencana Bisnis
  5. Strategi Bisnis
  6. Proyeksi Keuangan dan Analisis Laba Rugi
  7. Rencana Aktivitas dan Penjadwalan

Penyerahan proposal via email ke anditoaryo@gmail.com paling lambat 8 September 2016.

Informasi lebih lanjut tentang JCI BBPC 2016 dapat diakses disini.

Bagi mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi tersebut diatas namun belum memiliki tema ataupun judul rencana bisnis dapat melakukan konsultasi dengan Tibyani, ST., MT. di ruang A1.5 FILKOM UB atau hubungi ke nomor 082245553609.