FILKOM UB Laksanakan MONEV ZI Area Tata Laksana

Tim Zona Integritas (ZI) Area Tata Laksana, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar rapat Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Standar Operasional Prosedur (SOP) Triwulan I. MONEV pada Rabu (19/03/2025), dilaksanakan di gedung F, FILKOM UB, dihadiri oleh Ketua Tim ZI, Ir. Agus Wahyu Widodo, S.T., M.Cs. Sekretaris ZI, Ir. Indriati, S.T., M.Kom., tim ZI Area 2, Ketua Gugus Jaminan Mutu (GJM), Dr. Eng. Budi Darma Setiawan, S.Kom., M.Cs., serta staf dari GJM, Unit Layanan Terpadu (ULT), dan Program Doktor Informatika. MONEV menyampaikan tujuan rapat, yaitu membahas monitoring dan evaluasi Standar Operasional Prosedur (SOP) pada triwulan Pertama tahun ini, khususnya terkait ULT dan Doktoral Informatika. Anggota ULT menjelaskan mekanisme layanan offline terkait seluruh layanan di FILKOM UB. Sekretaris Gugus Jaminan Mutu meninjau mekanisme kerja ULT dan menyoroti bahwa seluruh permasalahan layanan harus terselesaikan di unit tersebut. Wakil Ketua ZI menyarankan perbaikan alur SOP dalam bentuk flowchart agar lebih jelas dan mudah dipahami. Evaluasi waktu pelayanan dilakukan untuk memastikan layanan tidak terlalu lama dan memenuhi standar pelayanan prima. Disepakati bahwa layanan akademik, kemahasiswaan, dan keuangan merupakan prioritas utama dalam ULT, sedangkan kepegawaian, laboratorium, dan layanan informasi dinilai tidak terlalu mendesak.

Staf akademik S3 mempresentasikan prosedur perkuliahan yang masih menunggu persetujuan pembukaan program secara resmi. Sekretaris GJM menyampaikan bahwa kode SOP untuk ULT dan Akademik S3 belum tersedia dan akan dibuat setelah draft SOP mendapat persetujuan dari pimpinan fakultas.
Kesimpulan dan tindak lanjut terkait hasil rapat ini adalah dilakukan revisi dan penyempurnaan terhadap SOP diantaranya adalah: flowchart SOP ULT akan diperbaiki untuk memperjelas alur layanan. Evaluasi terhadap waktu layanan akan dilakukan agar sesuai standar pelayanan prima. Prioritas layanan ULT difokuskan pada akademik, kemahasiswaan, dan keuangan. Penyusunan Kode SOP untuk ULT dan Akademik S3 akan dibuat setelah draft SOP disetujui. Pemantauan berkala dengan mengadakan rapat evaluasi berikutnya akan dijadwalkan untuk meninjau implementasi perbaikan SOP.
Rapat ditutup dengan harapan bahwa perbaikan SOP dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang ada FILKOM UB, sehingga kedepannya akan menjadi semakin baik lagi. (han)