Kuliah Tamu Capstone Project Mata Kuliah Komunikasi Publik FILKOM UB: Strategi Membangun Personal Branding Digital

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) sukses menyelenggarakan kuliah tamu bertema “Strategi Membangun Personal Branding Digital: Optimasi LinkedIn, CV, dan Portofolio Profesional” sebagai bagian dari mata kuliah Komunikasi Publik dalam rangkaian Capstone Project. Kegiatan ini berlangsung secara daring pada Jumat (14/03/2025) dan diikuti oleh 363 mahasiswa. Kuliah tamu dibuka secara resmi oleh Dr.Eng. Ir. Herman Tolle, S.T., M.T., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FILKOM UB, dan dipandu oleh Tirana Noor Fatyanosa, S.Kom., M.Kom., Ph.D., sebagai moderator.
Kuliah tamu ini menghadirkan Imelia Loly Wijaya, S.Psi, Human Capital Business Partner Specialist & Certified Human (CHRM), Resource Manager PT Sucofindo, Indonesia. Pakar di bidang personal branding digital, yang memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya membangun citra profesional melalui platform seperti LinkedIn, pembuatan CV yang menarik, dan penyusunan portofolio yang efektif. Imelia menjelaskan, personal branding mengacu pada tindakan yang disengaja oleh seseorang untuk menciptakan dan mengkomunikasikan identitas yang unik dan otentik yang membedakannya dari dunia profesional. Pada kuliah tamu ini mahasiswa diajak untuk memahami bagaimana konsistensi dan kreativitas dalam mengelola identitas digital dapat membuka peluang karir yang lebih luas.
Imelia menyampaikan beberapa poin penting optimasi LinkedIn pada kesempatan ini, pertama, pentingnya menentukan tujuan tentang yang ingin dicapai dalam personal branding. Merancang strategi yang sesuai hingga dapat diterapkan untuk membangun identitas profesional yang kuat di era digital. Kedua, dikutip dari Linkedin Global Talent Trends Report, 2021. 77% perekrut calon tenaga kerja mengandalkan LinkedIn saat menyeleksi calon tenaga kerja, maka job history akan menjadi unsur yang dinilai. Riwayat pekerjaan yang konsisten menunjukkan komitmen pada bidang yang ditekuni akan menjadi value added bagi perekrut. Calon tenaga kerja memiliki nilai kredibel karena menunjukkan pengalaman dan keahlian yang relevan,
“Hal yang tak kalah pentingnya adalah adanya endorsement dari pihak lain di LinkedIn. Hal ini sangat penting karena dengan adanya endorsement akan meningkatkan kredibilitas mahasiswa sebagai calon tenaga kerja. Endorsement juga cara cepat untuk memperkuat personal branding, sehingga membuat profil lebih menarik bagi perekrut atau klien potensial dan meningkatkan visibilitas di antara profesional lain di industri yang sama,” jelas Imelia.
Sebagai penutup, Ketua Pelaksana Edita Rosana Widasari, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan kuliah tamu ini. “Kami berharap mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh hari ini dalam membangun personal branding mereka, sehingga lebih siap dalam menghadapi tantangan dunia kerja,” ujarnya. Dengan adanya kuliah tamu ini, diharapkan mahasiswa FILKOM UB semakin sadar akan pentingnya personal branding digital dalam meniti karier dan mengoptimalkan peluang di dunia profesional. (rr)