Pelatihan Pemanfaatan Teknologi AI Bagi Guru-Guru SMP sederajat Kecamatan DAU, Kabupaten Malang oleh Tim Dosen FILKOM UB

Pelatihan Pemanfaatan Teknologi AI Bagi Guru-Guru SMP sederajat Kecamatan DAU, Kabupaten Malang oleh Tim Dosen FILKOM UB

Bertempat di Laboratorium Pembelajaran G 1.3, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), pada Sabtu (21/09/2024) dilaksanakan kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Bagi Guru-Guru SMP sederajat Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Pelatihan dimulai pukul 08:00 hingga 12:30 WIB yang diikuti oleh 25 peserta perwakilan guru di wilayah Kecamatan Dau yang terdiri dari SMP IBS AL HAMRA, SMP Daarul Fikri, SMP Ar Rohmah Putri, MTs. Nurul Huda, SMP IIBS,  MTs Wahid Hasyim 01 dan SMPN 1 Dau.  Pemilihan kecamatan Dau, Kabupaten Malang didasari atas pertimbangan wilayah yang dekat dengan Kota Malang memiliki potensi pendidikan yang besar, di tengah pesatnya perkembangan teknologi.

Tim dosen FILKOM UB terdiri dari Ir. Edy Santoso, S.Si., M.Kom sebagai ketua pelaksana dan anggota terdiri dari Dr. Drs. Ir. Achmad Ridok, M.Kom., Dr. Drs. Marji, MT., dan Drs. Moh. Arif Rahman, M.Kom. Menurut Edy, Kegiatan ini bertujuan untuk menjawab tantangan bagi pendidik untuk mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan ke dalam proses pembelajaran di sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat sebagai amanat dari Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Hal ini karena guru merupakan ujung tombak pendidikan yang memerlukan pemahaman dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dalam pelatihan ini, narasumber pertama Edy menyampaikan berbagai teknologi kecerdasan buatan secara umum yang diadopsi oleh berbagai aplikasi, antara lain slide generator, dan chatbot generative ChatGPT dan Google Gemini. Materi selanjutnya disampaikan oleh Ridok dan Marji lebih detail penggunakan ChatGPT untuk membantu penyiapan materi, pembuatan soal, tips-tips memberikan perintah di aplikasi sehingga lebih optimal.

“Pelatihan ini dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di era digital, para guru harus memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan dasar tentang AI serta cara mengintegrasikannya dalam proses pembelajaran serta dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, efektif, dan menyenangkan bagi siswa.’jelas Edy.

Respon positif disampaikan oleh peserta terhadap pelatihan ini, sebagaimana disampaikan oleh Muhammad Taufiq  Lc, M. Pd. I., dari SMP IBS Al Hamra Malang. Ucapan terimakasih kepada tim dosen FILKOM UB atas pelatihan yang dilaksanakan dan ilmu yang diberikan dan InsyaAllah sangat bermanfaat untuk kami dan sekolah. Respon positif juga disampaikan oleh Saiful Bahri, S.Pd., dari SMP Darul Fikri  Malang, InsyaAllah ilmu yg diberikan sangat bermanfaat untuk madrasah.(es/rr)