Implementasi Kerjasama Luar Negeri : Workshop Pengembangan Teknologi Robot Antara UB dan Chukyou University Japan

Implementasi Kerjasama Luar Negeri : Workshop Pengembangan Teknologi Robot Antara UB dan Chukyou University Japan

Bertempat di gedung F, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) Malang pada Jumat (30/8/2024), profesor pakar robot dari Chukyo University Japan, Pitoyo Hartono, D.Eng menjadi narasumber kegiatan IMPLEMENTASI KERJASAMA LUAR NEGERI : Workshop Pengembangan Teknologi Robot antara UB dan Chukyou University Japan. Workshop bertemakan Robot as Universality Icon ini juga dirangkai bersama dengan 3 agenda. Pertama, penanaman 3 bibit pohon kelengkeng sambung pucuk satu lubang tanam sebagai simbolisasi kerjasama penelitian antara UB dan Chukyo University. Kedua, workshop Pengembangan Teknologi Robot untuk Tim Robot Brone UB, dan ketiga Pengembangan Teknologi Robot untuk Tim Robot mahasiswa UB.
Workshop dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Internasionalisas,i Andi Kurniawan S.Pi., M.Eng. D.Sc., dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D., Ketua Tim Robot Brone UB, Prof. Moch. Agus Choiron, S.T.,M.T.,Dr. Eng, Wakil Ketua Tim Robot Brone UB, Tibyani, S.T., M.T., Anggota Tim Robot Brone UB bidang Teknologi Robot, Dr.Eng. Gembong Edhi Setyawan, S.T., M.T., Dr. , Sekretaris Tim Robot Brone UB, Dr. Diva Kurnianingtyas, S.Kom., Anggota Tim Robot Brone UB bidang Computer Vision, Dr.Eng. Panca Mudjirahardjo, S.T., M.T., dan Faiz Hilmawan Masya, S.T., M.T., alumni FILKOM UB
Dalam sambutannya Andi mengatakan bahwa Tim Robot Brone UB harus punya semangat dan kesungguhan dalam mengembangkan robot berbasis AI dengan icon boneka BRONE (Brawijaya Number ONE). Sedangkan Prof Pitoyo memberikan materi untuk Tim Robot Brone UB dan Tim Robot Mahasiswa Filkom-UB tentang bagaimana robot ini bisa memfasilitasi kebutuhan manusia. Beliau memberikan contoh dengan Penderita Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) memakai robot sebagai avatar untuk melakukan aktivitas dan berinteraksi dengan dunia luar. Lebih lanjut prof. Pitoyo menyampaikan beberapa idenya untuk pengembangan teknologi robot UB.

“Untuk apa membangun robot, apakah untuk Ikon baru untuk universitas? Hal yang bisa dilakukan oleh robot apa? Beberapa hal juga harus diperhatikan adalahf fungsi apa yang dibutuhkan ke depan. Spesifikasi, siapa yang akan membangun, sampai kapan, dan berapa biayanya? Hal ini tidak boleh diabaikan dalam pengembangan ke depannya,” jelas beliau.

Sehari sebelum kunjungan ke UB, prof. Pitoyo bersama perwakilan Tim Robot Brone UB, yang diwakili oleh Tibyani dan Gembong melakukan penanaman 3 bibit pohon kelengkeng sambung pucuk satu lubang tanam sebagai simbolisasi kerjasama penelitian antara UB dan Chukyo University dilakukan di halaman Gazebo Karomah RT02 RW05, kelurahan Lowokwaru, kecamatan Lowokwaru, kota Malang pada Kamis (29/8/2024). Selaku ketua Tetenger Bumi UB, Tibyani mengatakan, hal ini juga bentuk kepedulian UB dan Chukyo University, Japan untuk perubahan iklim yang dunia yang cepat. Sehingga sudah sewajibnya dilakukan perlindungan dan juga pengelolaan lingkungan yang bijak bagi generasi penerus. FILKOM FOR SOCIETY!(tiby/rr)