Olimpiade Sains Nasional PERTAMINA (OSN-PERTAMINA 2013)

Olimpiade Sains Nasional PERTAMINA (OSN-PERTAMINA 2013)

OSN PERTAMINA 2013 merupakan ajang kompetisi ilmiah yang dilaksanakan tiap tahun bagi para mahasiswa dari PTN/ PTS di seluruh Indonesia dan menjadi wadah generasi muda mengekspresikan diri, menampilkan karya cipta, serta mengukir prestasi.

Peserta dan Persyaratan

  1. Mahasiswa Program D3/S-1/D4 semua Fakultas/Jurusan, minimal semester I (satu), yang dibuktikan dengan kartu mahasiswa dan surat pengantar dari Ketua Jurusan/Dekan Fakultas masing-masing.
  2. Tidak pernah menjadi pemenang tingkat 1,2, dan 3 pada kompetisi sains tingkat perguruan tinggi nasional, dan tidak pernah mengikuti kompetisi sains perguruan tinggi internasional.
  3. Pemenang 1,2, dan 3 di tingkat nasional dan Pemenang 1 tingkat Provinsi pada OSN-Pertamina (d/h OSN-PTI) 2008, 2009, 2010, 2011, serta 2012 tidak diperkenankan mengikuti OSN-Pertamina 2013

Pendaftaran dan Seleksi 

Registrasi online melalui website http://www.osnpertamina.com/ dimulai tanggal 26 Agustus 2013 dan ditutup pada tanggal 10 Oktober 2013. Mohon mengisi secara seksama, kesalahan/manipulasi data yang diberikan dapat membuat anda tidak mendapatkan nomor ujian dan tidak dapat mengikuti seleksi OSN-Pertamina 2013. Seleksi bertempat di Universitas Brawijaya Malang.

Sistem Kompetisi dan Proyek Sains

Kategori Proyek Sains merupakan kompetisi karya cipta hasil kerja dari suatu tim. Setiap tim berjumlah 3 mahasiswa dari satu perguruan tinggi. Kompetisi ini mempunyai empat bidang yaitu:

  1. Geo-Sains (GS)
    Menyelesaikan permasalahan sains kebumian terintegrasi. Bidang ini mengkompetisikan produk yang berupa laporan hasil analisis secara komprehensif dari suatu permasalahan sains kebuian yang diberikan.
  2. Aplikasi Perangkat Lunak (APL) 
    Menciptakan aplikasi perangkat lunak untuk mendukung menyelesaikan masalah energi. Bidang ini mengkompetisikan hasil karya cipta berupa aplikasi perangkat lunak,yang terkait dengan penyelesaian permasalahan energi.
  3. Rancang Bangun (RB)
    Menciptakan instrument/alat atau piranti untuk menyelesaikan permasalahan energi, lingkungan, atau kesehatan. Bidang ini mengkompetisikan hasil karya cipta berupa alat/instrument atau rancang bangung suatu sistem yang terkait  dengan penyelesaian permasalahan energi, lingkungan atau kesehatan.
  4. Produk Riset (PR)
    Menghasilkan produk riset untuk tema energi terbarukan. Bidang ini mengkompetisikan hasil karya cipta yang dapat berupa bahan/material, proses, metode atau model yang terkait dengan penyelesaian permasalahan energi terbarukan. 

Informasi Pendaftaran

  • website http://www.osnpertamina.com/
  • email : panitia@osnpertamina.com
  • email : db@osnpertamina.com (seputar peserta dan pendaftaran) 
  • CP : Ering Setiyono (Mr) HP. 0897 9365 879 (Teknis dan Non Teknis Pelaksanaan)
  • CP : Rola Elmira (Mrs) HP. 0813 1000 2088 (Informasi Umum)
  • CP : Dedy Kurniawan (Mr) HP. 0897 910 7677 (Peserta dan Pendaftaran)