PTIIK Jalin Kerjasama Penelitian dengan Pusan National University

PTIIK Jalin Kerjasama Penelitian dengan Pusan National University

Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya menjalin kerjasama penelitian dengan Pusan National University (PNU), Korea. Hal ini seiring dengan telah ditandatanganinya International Cooperation Agreement for Graduate Level Academic and Research Collaboration antara Lab. Jaringan Komputer PTIIK UB dan Network Smart System Laboratory (NSS Lab) PNU pada Selasa (26/8). Penandatangan surat perjanjian tersebut dilaksanakan di ruang Meeting Ged. A PTIIK oleh Eko Sakti P., S.Kom., M.Kom selaku Ketua Lab. Jarkom PTIIK dengan Han You Jeong, Associate Professor Institute of Logistic Information Technology PNU.

Mr. Han You Jeong

Selain memungkinkan adanya joint research, kerjasama tersebut juga akan membuka peluang bagi kedua belah pihak untuk saling melakukan kunjungan dan pertukaran pelajar. Sebagai awal tindak lanjut kerjasama tersebut, Han You Jeong menawarkan beberapa topik penelitian untuk dapat dikerjakan bersama. Antara lain; Vehicular Localization dan Smart Intersection System. Dijelaskan bahwa Vehicular Localization merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui posisi kendaraan secara akurat. Hal tersebut penting karena selama ini kebanyakan pengendara memanfaatkan teknologi GPS untuk mengetahui posisi atau suatu lokasi. Diungkapkan oleh Han You Jeong bahwa informasi dari GPS belum cukup akurat karena masih memiliki beberapa kelemahan, seperti bias waktu dan radius cakupan informasi yang terbatas. Untuk itu Han You Jeong bersama tim mengembangkan berbagai penelitian dalam mengatasi kelemahan GPS tersebut, antara lain dengan pengembangan automotive radar pada kendaraan.

Penandatanganan MoU

Sementara penelitian tentang Smart Intersection System dilakukan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di persimpangan jalan. Penelitian ini memanfaatkan kombinasi teknologi V2X communication dengan smartphones. Dimana V2X akan memberikan informasi pada smartphone pengendara jika kendaraannya telah mendekati persimpangan jalan. Tidak hanya itu, penelitian akan terus dikembangkan agar kemudian dapat memberikan informasi tentang perubahan lampu lalu lintas. Apakah saat kendaraan akan mendekati persimpangan, lampu lalu lintas masih berwarna merah atau akan segera berubah ke hijau. Hal ini penting agar pengendara dapat mengestimasi kecepatan kendaraannya.

Penelitian yang dipaparkan oleh Han You Jeong tersebut ditawarkan untuk dapat dikerjakan bersama dosen PTIIK. Diharapkan kerjasama tersebut dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak. [dna]