Cisco Networking Academy PTIIK UB Resmi Dibuka

Cisco Networking Academy PTIIK UB Resmi Dibuka

Dengan telah berakhirnya rangkaian kegiatan NetAcad Partner Conference 2014 dan NetRiders Cisco Networking Academy serta MoU antara Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya dan Cisco Systems, Inc. (5-7/6) maka Cisco Networking Academy PTIIK UB kini telah resmi dibuka. Perjanjian kerjasama tersebut sekaligus menegaskan bahwa PTIIK UB telah mendapatkan ijin resmi untuk menyelenggarakan Cisco Networking Academy Program (CNAP). CNAP merupakan program pembelajaran/ training di bidang jaringan komputer dengan menggunakan kurikulum khusus berstandar internasional yang telah disusun oleh Cisco Systems, Inc.

Program yang ditawarkan pada CNAP dibagi dalam 4 semester. Dimana pada Semester I peserta akan mempelajari tentang dasar-dasar jaringan komputer, Semester II akan dipelajari dasar-dasar switching dan routing, Semester III peserta akan belajar tentang dasar-dasar switching dan routing lanjutan, sementara pada Semester IV membahas mengenai teknologi WAN. Peserta akan dibimbing oleh instruktur yang telah memiliki sertifikasi CNA for Instructor dengan didukung materi pembelajaran melalui e-learning. CNAP tidak hanya dapat dinikmati oleh mahasiswa PTIIK atau UB saja, namun dapat diikuti oleh seluruh individu ataupun kelompok baik yang berada di bangku sekolah, perguruan tinggi maupun professional yang ingin belajar tentang jaringan komputer.

Adapun rangkaian kegiatan yang digelar untuk peresmian dan memperkenalkan keberadaan Cisco Networking Academy di PTIIK UB terdiri atas penandatanganan MoU, Seminar dan Workshop serta kompetisi NetRiders yang diikuti oleh perwakilan peserta dari berbagai Cisco Networking Academy seluruh Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Rektor UB Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito dan perwakilan Cisco Regional (Asia Pacific) Manager Social Innovation Group Markus Schwertel. Bertempat di gedung Widyaloka UB acara tersebut juga dihadiri oleh pimpinan fakultas dan kepala unit di UB. Acara pada hari pertama kemudian dilanjutkan dengan NetAcad Partner Conference 2014 hingga hari kedua, yaitu seminar dan workshop bagi instruktur Cisco Networking Academy di seluruh Indonesia, dengan menghadirkan pemateri dari perwakilan Cisco System Inc. antara lain; Markus Schwertel (Cisco Asia Pacific Manager Social Innovation Group), Prastowo Yuliarso (CCIE Data Center and Routing Switching Consulting System Engineer) serta Erik Kwok (Technical Manager Asia Pacific).

Hari ketiga rangkaian kegiatan ditutup dengan pelaksanaan kompetisi Netriders dan Kuliah Tamu bagi mahasiswa PTIIK dengan tema “Computer Networking Career : Become Professioal Network Engineer”. Hadir sebagai pemateri pada kuliah tamu yang digelar di gedung Widyaloka tersebut Adri Gautama selaku Area Academy Manager CISCO.

Pada saat bersamaan berbagai perwakilan peserta dan instruktur Cisco Networking Academy dari seluruh Indonesia mengikuti kompetisi NetRiders yang menguji pengetahuan setiap individu tentang jaringan komputer. Bertempat di Lab. Komputer Dasar, Lab. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Lab. Jaringan Komputer para peserta harus menjalani berbagai tes selama dua jam. Peserta dengan hasil terbaik kemudian dinobatkan sebagai pemenang dan berhak atas hadiah tropy dan dana pengembangan dari Cisco System Inc. [dna]

Pemenang NetExcellence (kompetisi bagi instruktur Cisco Networking Academy);

Juara I              : Lukas Budiman (Binus Center Syahdan Jakarta)
Juara II             : I Putu Hariyadi (STMIK Bumigora Mataram)
Juara III           : Prihadi Yogaswara (Technology Dept., UGM)

Pemenang NetRiders (kompetisi bagi peserta Cisco Networking Academy);

Juara I              : tim EEIT UGM (Syukron Abu Ishaq dan Lathifah Faharani)
Juara II             : tim IT Telkom (Herdianto dan Ramadhan)
Juara III           : tim Computer Science Universitas Katolik Parahyangan (Stephanus dan Raymond)

Berita terkait: Prasetya Online