Dosen PTIIK UB Raih Predikat Penyaji Terbaik di Seminar Hasil Penelitian Kompetitif Nasional Tahun 2014

Dosen PTIIK UB Raih Predikat Penyaji Terbaik di Seminar Hasil Penelitian Kompetitif Nasional Tahun 2014

Arief Andy Soebroto, ST., M.Kom. salah seorang dosen Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya berhasil meraih predikat sebagai penyaji terbaik di Seminar Hasil Penelitian Kompetitif Nasional DIKTI Tahun 2014 (25-26/5) di Mercure Grand Mirama Surabaya. Pada kesempatan tersebut Arief Andy Soebroto, ST.,M.Kom mempresentasikan penelitiannya yang berjudul: “Sistem Deteksi Bahaya Tsunami Menggunakan Detektor Gempa dan Pasang Surut Air Laut”.

Selain perwakilan PTIIK ada dua dosen UB lainnya yang juga mendapat predikat serupa. Mereka adalah (1) Dr.Ir. Gatot Ciptadi, DESS dari Fakultas Peternakan dengan Judul Penelitian: “Pengembangan Kultur In Vitro (IVM, IVF,IVG dan IVP) Sel Gamet Ternak Lokal Menggunakan Ekstrak Spermatozoa Sebagai Aktivator Biologi dan Kandidat Potensial Terapi Reproduksi” dan (2) Ir. Dwi Setijawati, M.Kes dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan judul penelitian: “Pemanfaatan caragenan (Eucheuma sp) sebagai produk mikrokapsul Lactobacillus acidophilus dan aplikasi produknya pada mie instan fungsional”. Selain itu ada juga dua dosen perwakilan UB yang meraih penghargaan poster terbaik. Mereka adalah: (1) Prof. Ir. Yenny Risjani, DEA., Ph.D dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan judul penelitian: “Immunotoxicity, Mutagenesis and Endocrine Disrupting Activities. Health Assessment and Strategy for Biodiversity of the Brantas Delta, Post Volcanic Mud Eruption” dan (2) Abdul Manab, S.Pt. MP dari Fakultas Peternakan dengan judul penelitian: “Peningkatan Spektrum Antibakteri Lisozim dan Pengaturan Difusi Lisozim dalam Edible Film Protein Whey untuk Meningkatkan Keamanan Pangan Keju Gouda”.

Seminar tersebut diikuti oleh 132 peneliti dari 24 PTN/PTS melalui skema Penelitian Unggulan Strategis Nasional, Penelitian MP3EI, Penelitian RAPID, Penelitian Strategis Nasional, Hibah Kompetensi, Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional dan Penelitian Pengembangan IPTEK (Penelitian Program Kompetitif Nasional tahun 2013) sesuai DIPA PTN Tahun 2013.

Peneliti UB lainnya yang diundang untuk hadir dalam kesempatan tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Kuswanto, MS, Prof. Dr. Ir Sugiyanto, MS, Prof. Dr. Ir. Keppi Sukesi, MS, Dr. Ir. Sri Wahjunigsih M.Si., Dr. Ir Yunianta, DEA dan Dr. Widya Dwi ukmi Putri, STP,MP.

Pada sesi penutupan, Prof. Dr. Ir. Tien R Muchtadi, MS reviewer Ditlitabmas dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mewakili Direktur Ditlitabmas yaitu Prof. Dr. Ir. Agus Subekti menyampaikan apresiasi atas dosen-dosen UB yang cukup banyak memperoleh penghargaan tersebut dan akan diberikan SK dari Direktur Ditlitabmas DIKTI Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan yang nantinya akan dikirim ke LPPM UB. [Arief Andi/Oky/dna]

Sumber: Prasetya Online