Roadshow INAICTA 2013

Roadshow INAICTA 2013

Shinta MarutoSosialisasi program Inaicta lewat Roadshow Inaicta 2013 telah sukses digelar berkat kerjasama panitia penyelenggara INAICTA dengan Kelompok Riset Mahasiswa PTIIK (K-RISMATIIK) Selasa (7/5). Acara ini dibuka dengan pidato dari ketua K-RISMATIIK, Muchlas Mughniy dan dilanjutkan dengan sambutan dari Edy Santoso,S.Si.,M.Kom, selaku wakil ketua III bidang kemahasiswaan PTIIK. Dalam kegiatan yang digelar di Gesuang A FIA UB lt. 4 ini dihadirkan tiga orang pemateri, yaitu Shinta Maruto (perwakilan panitia penyelenggara Inaicta 2013),  Fatkul Amri (pemenang Inaicta 2011), dan Didik Partono (perwakilan dewan komite juri Inaicta 2013).

Pemateri yang mendapat kesempatan pertama, Shinta Maruto mengatakan bahwa karya yang diikutkan dalam Inaicta harus bernilai jual. Karenanya karya peserta harus merupakan karya yang dapat membangun ekosistem digital dan tidak hanya berupa prototipe, tetapi juga  harus dapat diimplementasikan dalam industri massal. Menurut Shinta langkah para pemenang tidak akan terhenti pada Inaicta saja, tapi selanjutnya para pemenang akan diikutsertakan dalam APICTA (penghargaan bidang ICT untuk tingkat Asia Pasifik) yang akan diselenggarakan di Hongkong pada 24-27 November 2013.

Pada kesempatan tersebut Shinta juga menjelaskan bahwa Inaicta memiliki 21 kategori lomba dimana 11 kategori diperuntukkan bagi kalangan profesional, 9 kategori untuk pelajar dan mahasiswa, sedangkan 2 kategori untuk robotik. Shinta menjelaskan bahwa akan banyak keuntungan yang didapat para peserta Inaicta antara lain prizes, credibility, business coaching, dan quality network.
“Dengan mengikuti Inaicta akan memberi nilai lebih pada portofolio kita. Selain itu karena Kemenkominfo juga berperan dalam memfasilitasi acara ini, maka peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini dapat bergabung dengan dunia industri,” lanjut Shinta.

Inaicta 2013Acara kemudian dilanjutkan dengan sharing pengalaman dan penyampaian tips-tips untuk bisa lolos di Inaicta oleh Fatkul Amri, pemenang Inaicta 2011 yang turut dihadirkan sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut. Menurut Fatkul, Inaicta merupakan jalan pintas pembuka kesuksesan. Pada saat mengikuti Inaicta 2011 Fatkul mengaku mengirimkan 10 hasil karyanya dan 8 diantaranya berhasil masuk ke babak final. Kemudian dari 8 karyanyanya tersebut 4 karya berhasil mendapatkan award. Diharapkan dengan pemaparan Fatkul tersebut, para peserta roadshow yang hadir dapat terpacu untuk terus meraih kesuksesan mulai dari sekarang, salah satunya dengan mengikuti Inaicta 2013.

“Jadi jangan ragu untuk terus berkarya dan mengirimkan karya kalian sebanyak-banyaknya di Inaicta,” ujarnya memberi semangat peserta yang hadir.

Selain itu hadir pula Didik Partono, dewan komite juri Inaicta yang turut memberikan penjelasan mengenai kriteria penilaian untuk hasil karya/produk dalam Inaicta. Menurut Didik beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk penilaian antara lain inovasi, proof of concept, fungsi dan fitur, kualitas dan penerapan teknologi, presentasi serta demo. Pada kesempatan itu dijelaskan pula tentang aturan pengikutsertaan hasil karya dalam Inaicta 2013.
“Untuk aturan pengikutsertaan karya di Inaicta 2013, satu karya berlaku untuk satu kategori. Satu karya tidak boleh diikutkan ke banyak kategori, tetapi kita dapat mengikutsertakan banyak karya di dalam 1 kategori,” jelas Didik.

Serah terima kenang-kenanganRoadshow ini diikuti dengan antusias oleh para peserta. Terbukti dengan respon peserta yang aktif bertanya mengenai acara Inaicta 2013. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan lebih banyak orang baik pelajar maupun mahasiswa, khususnya yang berdomisili di sekitar Malang dapat memahami tentang kegiatan Inaicta dan kemudian tergugah untuk mengikutinya. Roadshow Inaicta 2013 ini akhirnya ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Inaicta untuk PTIIK melalui perwakilan dosen PTIIK, Eko Sakti Pramukantoro, S.Kom., M.Kom.

Untuk diketahui, Inaicta merupakan ajang penghargaan tingkat nasional untuk produk-produk inovasi terbaik  di bidang  Information Comunication Technology (ICT) yang dapat diikuti oleh berbagai kalangan baik para profesional, mahasiswa maupun pelajar.

Informasi lebih lanjut serta pendaftaran Inaicta 2013 dapat diakses di http://www.inaicta.web.id. [Octanty/dna]