Peningkatan Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Lewat PJJ

Peningkatan Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Lewat PJJ

Terbatasnya sumber daya pengajar yang harus memenuhi semakin tingginya permintaan masyarakat akan pemenuhan kebutuhan pendidikan terutama di tingkat Perguruan Tinggi, membuat Universitas Brawijaya terus mengembangkan pelaksanaan Program Pengajaran Jarak Jauh (PJJ). Untuk itulah UB melalui Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) mengadakan Pelatihan E-learning untuk Persiapan PJJ bagi Dosen UB (11-12/4).

Prof. Agus Suman SE., DEA., Ketua LP3 dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan program PJJ ini diharapkan di masa mendatang jumlah pengajar yang terbatas dapat memberi pengajaran pada lebih banyak mahasiswa/ anak didik.
“Sekarang ini kita ketahui bahwa karena akreditasi UB yang baik maka banyak yang ingin menimba ilmu lewat UB, seperti di Kediri dan Jakarta. Dengan PJJ ini diharapkan kedepannya nanti seorang dosen atau pengajar yang punya load mengajar sangat banyak, bisa cukup duduk atau berada di satu tempat saja tapi materi yang disampaikan bisa diikuti oleh banyak murid sekaligus,” ujarnya.

Adharul  Muttaqin, S.T., M.T., Kepala Program Studi Sistem Komputer sekaligus salah seorang pemateri dalam pelatihan tersebut mengatakan bahwa saat ini UB telah mengembangkan sebuah kelas online yang berbasis web untuk mendukung PJJ. Dalam pelatihan yang digelar di Lab. IBM Center of Excellence Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK), Adharul menjelaskan bahwa dengan aplikasi kelas online ini dosen dapat mengunggah berbagai materi ajar dan tugas-tugas yang dapat diakses oleh anak didiknya. Kelebihan aplikasi ini jika dibanding blog pengajar biasa yang marak dikembangkan berbagai perguruan tinggi, dengan aplikasi ini dosen dapat melihat aktivitas mahasiswa dan log aktivitas mata kuliah.. Selain itu aplikasi ini memungkinkan dosen dan mahasiswa melakukan interaksi seperti chatting atau melakukan forum diskusi. Absensi mahasiswa juga terekam secara otomatis dengan aplikasi ini dan dosen juga dapat mengetahui daftar mahasiswanya yang telah mengumpulkan tugas atau belum.

Dalam pelatihan yang digelar dua hari itu, pada hari pertama para peserta yang terdiri dari dosen-dosen dari berbagi fakultas di UB menerima materi teknik mengenai operasional aplikasi e-learning yang dapat diakses di pjj.ub.ac.id. Sementara itu pada hari kedua rencananya para peserta akan mendapat materi mengenai bagaimana cara melakukan penilaian pada kelas online dengan pemateri Ir. Heru Nurwasito, M.Kom. (Wakil Ketua I PTIIK) dan Rosihan Asmara SE., MP., serta materi pengelolaan kelas online menggunakan moodle oleh Sabriansyah Rizqika Akbar, ST. M.Eng. (Dosen PTIIK UB). [dna]