Mahasiswa dan Dosen PTIIK Pemenang UB Blogmetrics Award 2012

Mahasiswa dan Dosen PTIIK Pemenang UB Blogmetrics Award 2012

Faizal Abdi, mahasiswa angkatan 2011 Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) dan Eko Sakti Pramukantoro ,S.Kom., M.Kom, dosen PTIIK berhasil merebut kursi juara dalam ajang kompetisi tahunan UB Blogmetrics Award 2012. Dalam acara yang digelar oleh Unit Pemeringkatan Internasional UB ini Faizal mendapat juara I untuk kategori blog mahasiswa, menyisihkan sekitar 10.700 mahasiswa lainnya. Faizal mengatakan bahwa dirinya baru mengetahui UB menyediakan layanan blog pada saat pengumuman pemenang UB Blogmetrics Award 2011, Januari 2012 lalu. Sejak saat itu Faizal memutuskan untuk membuat blog di UB dengan tujuan awal untuk menyimpan materi kuliahnya.
“Sebelumnya saya tidak terlalu tertarik dengan kompetisi ini karena merasa pesimis dengan peserta Blog UB yang mencapai 10.000-an. Tujuan awal saya cuma untuk menyimpan materi-materi kuliah mulai dari semester awal saja,” jelasnya.

Niat Faizal untuk mengikuti kompetisi ini baru muncul ketika blognya dinyatakan masuk peringkat 10 pada penilaian sementara bulan Mei 2012. Kemudian Faizal lebih bersemangat lagi memposting berbagai materi ke blognya (http://blog.ub.ac.id/faizalabdi) yang dikonsep simpel dengan interface dan navigasi yang mudah, namun tetap menampilkan berbagai materi yang bermanfaat bagi para pengunjung blog.

Menurut Faizal dengan aktif mengupdate blognya saja, dirinya sudah mendapat banyak manfaat seperti dapat bertukar ilmu pengetahuan dan menambah teman. Ditambah lagi kini berkat gelar juara I untuk blognya Faizal berhak atas hadiah 1 unit Notebook Lenovo yang dapat menunjang belajarnya. Hal ini tentu memberikan kesenangan tersendiri bagi Faizal.
“Waktu pertama tahu saya menang jelas kaget campur senang, karena tidak menyangka mendapatkan juara 1. Ternyata selain kita mendapatkan banyak manfaat dari nge-blog, kita juga bisa mendapatkan reward/hadiah dari blog UB ini,” ungkap Faizal.

Meski telah terpilih menjadi juara, Faizal mengaku akan tetap mengembangkan blognya, dengan memperbaiki kualitas materi postingan atau navigasi blog. Hal ini dilakukan agar para pengunjung bisa semakin nyaman menjelajah berbagai informasi yang disajikan di blog Faizal.
“Yang akan saya kembangkan tentunya postingan dan navigasi saja. Untuk mengembangkan tampilan blog juga agak sulit karena terhalang plugin dan script yang dibatasi oleh Blog UB sendiri. Tapi rencana yang pasti ya ingin lebih rutin lagi dalam memposting artikel yang bermanfaat dan sharing pengetahuan,” pungkas Faizal.

Sementara itu dari total 1572 blog dosen UB, blog Eko Sakti (http://smuet.lecture.ub.ac.id/) meraih juara III untuk kategori blog dosen dan berhak atas hadiah 1 unit HP Android. Meski ini merupakan blog milik seorang dosen yang tentunya berisi berbagai informasi berkaitan dengan disiplin ilmunya (IT), Eko juga menyelipkan berbagai ulasan kejadian yang dialaminya. Semua dituliskan Eko dengan bahasa yang santai. Hal ini membuat para pengunjung merasa nyaman saat membaca blognya. Eko berpesan pada seluruh sivitas UB untuk bisa membuat blog di UB, karena selain bisa mengikuti kompetisi tahunan, membuat blog juga bisa menjadi salah satu alternatif kita untuk saling bertukar ilmu pengetahuan. (dna)