Kenalkan Lebih Dekat Artificial Intelligence di Webinar Series#3

Kenalkan Lebih Dekat Artificial Intelligence di Webinar Series#3

Jum’at (14/7/2023), Program Studi Teknik Informatika (Prodi TIF) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali menggelar acara webinar series pertemuan ketiga dengan tajuk “Learn the Basic of Artificial Intelligence“. Acara yang diselenggarakan secara daring ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman dasar tentang kecerdasan buatan kepada mahasiswa dan para siswa SMA/SMK. Pemateri dari webinar ini yaitu Ardian Umam, S.T., M.Sc. seorang mantan Google Student dan juga dosen di Institut Teknologi Bandung (ITB), dan yang kedua Rizal Setya Perdana, S.Kom., M.Kom., Ph.D. dosen dari FILKOM UB.

Dihadiri sekitar 60 partisipan, (Artificial Intelligence/AI) menjadi topik yang mearik untuk dibahas. Kecerdasan buatan AI merupakan salah satu teknologi canggih yang telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia. Mulai dari otomatisasi proses industri hingga pengembangan algoritma yang mampu mengambil keputusan seperti manusia, AI telah membuktikan potensinya sebagai kekuatan yang membantu meningkatkan efisiensi dan kualitas kehidupan.

Ardian Umam saat menyampaikan materi
Ardian Umam saat menyampaikan materi

Webinar yang diinisiasi oleh Prodi TIF ini sebagai bagian dari upaya untuk memberikan edukasi tentang AI yang dapat diakses oleh siapa saja, tanpa batasan geografis. Dengan mengambil pendekatan yang sederhana dan mudah dipahami, webinar ini bertujuan untuk menyajikan materi AI dengan gaya yang santai namun tetap informatif.

Ardian Umam, sebagai pemateri utama dalam acara ini, adalah seorang profesional yang berpengalaman di dunia kecerdasan buatan. Ia memiliki latar belakang pendidikan yang kuat dan pernah menjadi bagian dari Google Student, sebuah program pengembangan talenta di Google yang mencari dan melatih calon-calon ahli teknologi berbakat. Pengalamannya di industri teknologi dan pengetahuannya tentang AI menjadikannya pemateri yang ideal untuk membagikan wawasan dalam acara ini.

AI atau kecerdasan buatan adalah kemampuan komputer atau robot yang dikendalikan oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia dengan kecerdasannya,” buka Ardian.

Penyerahan sertifikat pemateri secara simbolis kepada Ardian
Penyerahan sertifikat pemateri secara simbolis kepada Ardian

Ardian mengungkapkan bahwa AI memiliki banyak dampak baik seperti meningkatkan efektivitas kerja. Sistem dengan kecerdasan buatan cenderung bekerja lebih cepat, akurat, dan minim kesalahan yang diakibatkan oleh kelelahan juga kecerobohan. Kecerdasan buatan sendiri merupakan teknologi yang membutuhkan informasi dari informasi, sama seperti manusia. AI membutuhkan pengalaman dan data untuk menjadikan kecerdasannya lebih baik. Poin penting dalam proses AI adalah pembelajaran, penalaran, dan koreksi diri. AI harus belajar untuk memperkaya pengetahuan mereka. Pembelajaran AI tidak selalu ditentukan oleh manusia, melainkan AI belajar sendiri berdasarkan pengalaman AI ketika manusia menggunakannya.

Peserta pada Webinar Series #3
Peserta pada Webinar Series #3

Topik yang Ardian sampaikan dalam webinar meliputi pengenalan tentang kecerdasan buatan, contoh kasus penggunaan AI yang sukses dalam berbagai bidang serta Tantangan dan peluang dalam pengembangan AI di masa depan. Selain itu, peserta juga akan diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pemateri melalui sesi tanya jawab. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta dan memperluas pandangan mereka tentang dunia AI.[drn]