Penyambutan MABA Magister Ilmu Komputer Tahun Akademik 2020/2021

Penyambutan MABA Magister Ilmu Komputer Tahun Akademik 2020/2021

Program Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengadakan penyambutan secara daring bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 pada Senin (7/9/2020). Penyambutan ini adalah salah satu sesi dari rangkaian kegiatan orientasi pendidikan untuk mahasiswa baru (maba) di Magister Ilmu Komputer (MILKOM). Sesi kedua dan terakhir untuk orientasi pendidikan ini adalah sesi penyampaian materi yang akan diselenggarakan pada 12 September 2020 mendatang.

Tercatat seumlah 30 maba yang bergabung dalam program S2 FILKOM tahun ini. Jumlah tersebut terdiri dari 22 maba yang diterima dari jalur regular, enam maba dari jalur fasttrack dan dua maba dari jalur internasional. Acara penyambutan maba itu dibuka dengan sambutan dari Dekan FILKOM, Ketua Jurusan Teknik Informatika dan Ketua Program Studi MILKOM. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa dan penutup berupa pemutaran video profil FILKOM dan single lagu rayuan pulau kelapa yang dibuat oleh keluarga besar FILKOM untuk memperingati Kemerdekaan RI Ke-75.

Dalam sambutannya Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. Dekan FILKOM menyampaikan selamat datang bagi para maba. Beliau berpesan bahwa pendidikan S2 ini berbeda dengan S1. Pada tahap ini mahasiswa sudah dianggap manusia dewasa sepenuhnya. Oleh karena itu karakteristik pendidikan yang ditawarkan juga berbeda. Jika di jenjang S1 lebih ditekankan kemampuan untuk beradaptasi di industri atau dunia kerja, maka pada jenjang S2 ini mahasiswa akan mendapat tambahan kemampuan untuk penelitian.

“Eksplorasilah hal-hal baru terkait bidang ilmu komputer. Waktu kalian sangat singkat di FILKOM. Rata-rata dua tahun atau empat semester. Jadi gunakan sebaik-baiknya. Cari sebanyak mungkin informasi terkait laboratorium dan grup riset di FILKOM supaya bisa menyelesaikan studi tepat waktu dengan hasil yang memuaskan,” pesan Wayan.

Meskipun pada masa pandemi Covid-19 ini semua proses pembelajaran dilakukan secara daring, namun FILKOM tetap berupaya semaksimal mungkin agar kegiatan belajar mengajar dapat dilaksanakan dengan optimal. FILKOM berkomitmen penuh untuk menciptakan lingkungan yang kondusif agar mahasiswa bisa mengembangkan bidang minat penelitiannya. Hal ini diimplementasikan dalam bentuk penyelenggaraan kegiatan di laboratorium maupun grup riset.

Dalam kesempatan itu Wayan juga memperkenalkan jajaran pimpinan FILKOM, mulai dari pimpinan fakultas, jurusan, program studi, ketua unit hingga kepala tata usaha dan kepala sub bagian. Tujuan dari perkenalan ini agar para maba memahami struktur organisasi di FILKOM dan berbagai bagian terkait yang akan ditemuinya selama proses studi S2 di FILKOM. [dna]