Empat SDM FILKOM Terima Penghargaan Dosen dan Tenaga Kependidikan Berprestasi UB

Empat SDM FILKOM Terima Penghargaan Dosen dan Tenaga Kependidikan Berprestasi UB

Dua dosen dan dua tenaga kependidikan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) menerima penghargaan Dosen dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dari Universitas Brawijaya (UB). Hal ini diumumkan bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 UB secara daring pada Senin (17/8/2020).

Mereka adalah Dekan FILKOM Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. (peringkat III kategori dosen dengan sitasi Google Scholar terbaik 2020), Dr.Eng. Ahmad Afif Supianto, S.Si., M.Kom. (peringkat II dosen bidang sains dan teknologi berprestasi), Ahmad Nasichudin, S.E. (peringkat III staf pengelola keuangan berprestasi) dan Dewi Wijayanti, S.T. (peringkat III staf arsiparis berprestasi).

Tidak hanya itu, FILKOM juga masuk dalam delapan besar fakultas di UB dengan jumlah dosen terbaik terbanyak berdasarkan skor overall Science and Technology Index (SINTA). Untuk diketahui SINTA adalah platform buatan pemerintah Indonesia yang dikembangkan untuk mengukur kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di tanah air. Pengukuran dalam SINTA meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek.

Terdapat sembilan dosen FILKOM yang masuk dalam Top 200 author berdasarkan skor overall SINTA. Dimana enam dosen masuk dalam top 100 author dan tiga dosen lainnya masuk dalam urutan 101-200 top author. Mereka adalah Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. (posisi 10), Dr. Eng. Fitri Utaminingrum, ST., MT. (posisi 36), Dr.Eng. Herman Tolle, ST., MT. (posisi 44), M. Ali Fauzi, S.Kom., M.Kom. (posisi 60), Fatwa Ramdani, S.Si., M.Sc., D.Sc. (posisi 82), Dr.Eng. Ahmad Afif Supianto, S.Si., M.Kom. (posisi 85), Yuita Arum Sari, S.Kom., M.Kom (posisi 150), Achmad Basuki, ST., MMG., Ph.D. (posisi 185) dan Dr. Eng. Fitra Abdurrachman Bachtiar, S.T., M. Eng. (posisi 190).

Dapat menorehkan prestasi ini sebagai fakultas termuda di UB, merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Diharapkan pencapaian ini dapat terus ditingkatkan di tahun mendatang. [dna]