Pengenalan Topik Skripsi atau Penelitian Terkait Pengembangan Media Interaktif

Pengenalan Topik Skripsi atau Penelitian Terkait Pengembangan Media Interaktif

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) FILKOM UB menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Topik Skripsi dalam area penelitian Digital Learning Media pada Technology Enhanced Learning (T-EL), khususnya tentang Pengembangan Media Interaktif. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi google meet pada Rabu (12/8/2020). Peserta yang bergabung dalam kegiatan ini sejumlah 92 mahasiswa Prodi PTI dari angkatan 2015 – 2019.

Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom., selaku panitia penyelenggara, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan pada mahasiswa tentang salah satu area penelitian di laboratorium T-EL yaitu Digital Learning Media dan mata kuliah pilihan yang mendukungnya di Kurikulum Merdeka 2020.

“Kegiatan pengenalan topik penelitian ini adalah agenda rutin yang dilakukan Prodi PTI di awal semester. Tujuannya kali ini  agar mahasiswa tidak bingung menentukan mata kuliah pilihan dan topik skripsi yang akan dipilih,” jelas dosen FILKOM yang akrab disapa Joy itu.

Narasumber yang dipercaya menyampaikan informasi pada kesempatan tersebut adalah tiga dosen FILKOM, yaitu Wibisono Sukmo Wardhono S.T., M.T., Tri Afirianto S.T., M.T. dan Muhammad Aminul Akbar S.Kom., M.T. Adapun materi yang disampaikan meliputi informasi tentang berbagai area penelitian dalam T-EL, posisi penelitian, mata kuliah yang bisa diambil untuk mendukung penelitian tentang pengembangan konten dan media pembelajaran interaktif, penyampaian contoh T-EL dalam kehidupan nyata, kecukupan skripsi dalam ilmu kependidikan serta bagaimana proses pengembangan media.

Dijelaskan oleh Tri Afirianto bahwa area penelitian T-EL meliputi artificial intelligence in education, digital learning media, learning experience, educational data mining, learning and teaching analytics dan education management information system. Untuk memliki pengetahuan yang mendukung penelitian tentang pengembangan konten dan media pembelajaran interaktif, mahasiswa dapat mengambil beberapa mata kuliah pilihan yang ditawarkan Prodi PTI di Kurikulum Merdeka 2020. Mata kuliah tersebut antara lain desain pengalaman belajar, desain dan animasi dijital 2 dimensi, desain dan animasi dijital 3 dimensi, teknik pengolahan audio dan video, pembelajaran interaktif realitas berimbuh dan maya, serta pengembangan gim pembelajaran.

Apa saja yang akan dipelajari dalam masing-masing mata kuliah, dijelaskan dalam kesempatan tersebut. Harapannya mahasiswa bisa mendapat tambahan wawasan tentang topik penelitian dan mata kuliah yang bisa diambilnya untuk mendukung penelitian tersebut. Dengan demikian mahasiswa yang memiliki keminatan di bidang T-EL bisa membuat rencana studi dan penelitian yang jelas kedepannya. [dna]