Prodi SI Gelar Sosialisasi Kurikulum Baru dan Kurikulum Kampus Merdeka 2020 – 2024

Prodi SI Gelar Sosialisasi Kurikulum Baru dan Kurikulum Kampus Merdeka 2020 – 2024

Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) FILKOM UB menyelenggarakan sosialisasi secara daring tentang Kurikulum Baru dan Kurikulum Kampus Merdeka 2020 – 2024 pada Senin (3/8/2020). Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB. selaku Ketua Prodi SI menjadi narasumber yang menyampaikan materi sosialisasi kepada puluhan mahasiswa pengurus himpunan mahasiswa SI (KBMSI).

Dijelaskan oleh Yusi bahwa kurikulum 2020 dibuat dengan mempertimbangkan empat macam profil lulusan prodi SI yang terdiri atas Pengembang Sistem Informasi, Pengelola Sistem Informasi, Pengelola Data dan Saintis Data, serta Penata Kelola Sistem Informasi. Ke empat profil lulusan itu ditentukan dengan mempertimbangkan masukan dari APTIKOM, Association for Computing Machinery (ACM), IEEE Computer Society, ketersediaan lapangan kerja, tracer study alumni dan sumberdaya manusia.

Pada Kurikulum 2020-2024 akan ada beberapa perubahan pada mata kuliah wajib dan pilihan yang dapat diambil mahasiswa. Beberapa mata kuliah pada kurikulum lama ada yang ditiadakan, diganti, ditambah/dikurangi sksnya pada kurikulum baru. Namun demikian akan ada aturan peralihan kurikulum yang berlaku sehingga tidak menyulitkan mahasiswa lama.

“Mata kuliah yang diambil pada kurikulum 2016 akan tetap diakui, dan akan mengikuti kurikulum 2020 mulai Semester Ganjil 2020-2021 nanti,” jelas Yusi.

Kurikulum 2020-2024 juga menerapkan konsep kampus merdeka sesuai dengan kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka Kemendikbud. Prodi SI sendiri dijelaskan oleh Yusi akan menawarkan enam macam skema kampus merdeka bagi mahasiswanya. Skema pertama adalah skema perkuliahan regular di prodi SI. Skema kedua adalah kuliah 1 semester di luar Prodi SI. Skema ketiga adalah adanya kesempatan kuliah 1 semester di luar UB. Skema keempat adalah kuliah 2 semester di luar UB. Skema kelima adalah gabungan dari skema kedua dan ketiga yaitu kuliah 1 semester di luar Prodi SI dan 1 semester di luar UB. Skema kelima adalah gabungan dari skema kedua dan keempat yaitu kuliah 1 semester di luar Prodi SI dan 2 semester di luar UB. Informasi dan buku panduan tentang kurikulum baru ini akan disosialisasikan secara luas lagi nantinya sebelum tahun ajaran baru dimulai. Kini draft kurikulum masih menunggu pengerahan dari Rektor UB.

“Untuk skema perkuliah di luar Prodi SI, mahasiswa bisa mengambil mata kuliah dari prodi lain di FILKOM atau fakultas lain di UB. Tapi mata kuliah yang diambil harus tetap mendukung keahlian atau relevan dengan profil lulusan SI. Sementara untuk kuliah di luar UB hanya bisa dengan kampus yang sudah bekerjasama dengan UB,” jelas Yusi. [dna]