Tohoku University Gelar Environmental Studies Seminar 2019 di FILKOM UB

Tohoku University Gelar Environmental Studies Seminar 2019 di FILKOM UB

Pada 18 Desember 2019, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Tohoku University 2019 Environmental Studies Seminar. Pada seminar tersebut hadir lima peneliti dari Tohoku University, Jepang termasuk Professor Noriyoshi Tsuchiya – selaku Dean of the Graduate School of Environmental Sciences, Tohoku University. Beliau memaparkan berbagai upaya Tohoku University dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan, seperti masalah energi panas bumi dan pemurnian air. Acara ini dihadiri oleh jajaran pimpinan UB dan fakultas, mahasiswa serta perwakilan dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Para peserta antusias dalam mempelajari berbagai inovasi Tohoku University yang dipaparkan.

Untuk diketahui, hingga saat ini sudah banyak mahasiswa UB yang menjadi mahasiswa internasional di Tohoku University. Dari berbagai program pertukaran pelajar, terdapat program khusus bagi pegawai pemerintah Indonesia yaitu Linkage Program. Bagi peserta program tersebut akan bisa mendapat dua gelar dari Tohoku University dan UB.

“I am delighted that Tohoku University's educational and research resources are one of the cornerstones of Indonesia's development,” ungkap Vice President Tohoku University, Masahiro Yamaguchi dalam sambutan pembukaannya.

Dalam kesempatan itu dilakukan juga penandatanganan pembaharuan perjanjian kerjasama antara UB dan Tohoku University oleh Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani dan Vice President Tohoku University, Masahiro Yamaguchi. Kedua belah pihak berharap bisa semakin memperkuat kerjasama kedepannya, sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih luas.  

Sumber: https://www.tohoku.ac.jp