Departemen Sistem Informasi Laksanakan Konsinyering Evaluasi Pelaksanaan OBE Akhir Semester Genap 2021/2022

Departemen Sistem Informasi Laksanakan Konsinyering Evaluasi Pelaksanaan OBE Akhir Semester Genap 2021/2022

Departemen Sistem Informasi (DSI) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melaksanakan kegiatan Konsinyering Evaluasi Akhir Semester Pelaksanaan OBE dan Finalisasi Dokumen Portofolio Semester Genap 2021/2022, Sabtu (23/7/2022) di Hotel Grand Mercure Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT; Ketua Departemen Sistem Informasi, Issa Arwani, S.Kom., M.Sc; dan Ketua pelaksana Dwija Wisnu Brata, S.ST., M.T.

Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT. dimana beliau menyampaikan agenda penyusunan portofolio mata kuliah ini merupakan salah satu agenda rutin dari kebijakan dari Rektorat terkait dengan OBE (Outcome Based Education) yang ada di dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 3 Tahun 2020.

“Di UB sendiri program ini diwajibkan di dalam standar kurikulum sebuah prodi sehingga menjadi wajib dilaksanakan dan dieksekusi dalam proses pembelajaran yang ada di FILKOM.” terang Herman.

Sederhananya OBE yang berbasis pada outcome ini bertujuan agar mahasiswa FILKOM UB dapat tercapai kompetensinya sesuai dengan apa yang dirumuskan dari profil prodinya. Herman kemudian menyampaikan bahwa di FILKOM UB sendiri juga telah memiliki standarisasi OBE, dan terdapat dokumen resminya.

Herman menjelaskan lebih lengkap bahwa prosedur pelaksanaan OBE di FILKOM mencangkup perencanaan penyusunan RPS, dimana RPS tersebut dilengkapi dengan lembar kerja. Kemudian penilaian yang berbasis OBE dalam artian pembuatan soal sesuai dengan pengukuran capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK), evaluasi dan penilaian akhir serta penyusunan portofolio yang ditujukan bagi dosen untuk merekap hasil pembelajaran di semester tersebut dan dianalisis apakah sudah tercapai atau belum dari capaian yang telah ditentukan kepada para mahasiswanya.

Menurut Herman, alangkah lebih baik dengan adanya kegiatan evaluasi OBE yang lebih awal maka akan lebih mudah mengetahui kekurangan dari mahasiswa ketika melaksanakan studinya, sehingga di semester yang sama mahasiswa yang bersangkutan dapat melakukan perbaikan tidak sampai berganti semester. Selanjutnya paparan mengenai Evaluasi Penyusunan Kurikulum Berbasis OBE disampaikan oleh Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd dan ditutup dengan diskusi terbuka.[drn]