SOBAT, Sistem Otomatisasi Bank Sampah Terpadu

SOBAT, Sistem Otomatisasi Bank Sampah Terpadu

Berangkat dari pengalamannya menjadi nasabah bank sampah, tiga mahasiswa Program Studi Teknik Komputer angkatan 2017 FILKOM UB yang menamakan dirinya tim Danusan Tekkom V2, membuat sebuah sistem sebagai solusi atas berbagai permasalahan pada bank sampah konvensional. Mereka adalah Cakra Bhirawa, Aldi Arrafi dan Muhammad Naufal Aziz Huryansyah. Ketiganya membuat Sistem Otomatisasi Bank Sampah Terpadu atau disingkat SOBAT.

“Sebagai nasabah bank sampah, kami sering kerepotan karena tidak bisa menabung sampah dalam jumlah kecil, tapi ada minimalnya antara 5 – 6 kilogram. Sulit bagi kami kalau harus menumpuk sampah terlebih dulu dalam kos maupun kontrakan,” ujar Cakra.

Selain itu kendala lain dari bank sampah konvensional yang ada saat ini adalah jadwal staf yang melayani para penabung sampah tidak rutin standby setiap hari dan pencatatan jumlah sampah yang sudah ditabung sering tidak konsisten. SOBAT dirancang berbasis Internet of Things (IoT) berupa tempat sampah yang ditambahkan fitur penimbang. Alat ini kemudian mampu mengirimkan data secara rutin ke server yang dapat diakses oleh publik melalui situs yang telah tersedia.

SOBAT menerapkan konsep nasabah kelompok/perusahaan/instansi, bukannya nasabah perorangan. Dengan sistem ini maka para karyawan/petugas dapat berpartisipasi dalam menabung bersama untuk satu kelompok dan kemudian kemana hasilnya akan disalurkan dapat diusulkan melalui situs. Setiap anggota kelompok tidak perlu terlebih dahulu mengumpulkan sampah dalam jumlah tertentu untuk ditabungkan.

“Jadi meskipun hanya satu botol plastik saja bisa ditabung dengan alat ini. Tidak perlu dikumpulkan dulu sampai banyak. Jadi ini memudahkan nasabah. Kemudian berapa jumlah sampah yang sudah ditabung secara kumulatif oleh kelompok tersebut juga bisa diakses di situs yang sudah kami sediakan,” jelas Cakra.

SOBAT telah membawa Cakra dan timnya menjadi juara 2 dalam kompetisi tingkat nasional Hology 2.0 kategori Smart Device. Kedepannya SOBAT akan dikembangkan hingga memiliki kemampuan memilah sampah plastik dan logam serta memiliki suplai daya solar system agar lebih ramah lingkungan. [dna]

Video tentang SOBAT dapat dilihat pada link berikut https://youtu.be/UTEQu3pgnfg