FILKOM Terima Kunjungan Enam SMA/SMK Sederajat Pada April 2019

FILKOM Terima Kunjungan Enam SMA/SMK Sederajat Pada April 2019

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menerima kunjungan enam SMA/SMK sederajat selama bulan April 2019. Keenam SMA/SMK sederajat tersebut adalah MAN 4 Jakarta (2/4/2019), SMK An-Nur Bululawang (10/4/2019), SMA Yadika 8 Bekasi (12/4/2019), SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto (23/4/2019), SMA PGRI 1 Jombang (24/5/2019) dan SMKN Prigen (30/4/2019). Kunjungan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memberikan tambahan bagi para siswa tentang perguruan tinggi, khususnya FILKOM UB. Jumlah siswa serta guru peserta kunjungan berbeda dimana dari MAN 4 Jakarta sebanyak 320 orang, SMK An-Nur Bululawang sejumlah 20 orang, SMA Yadika 8 Bekasi sejumlah 210 orang, SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto sejumlah 65 orang, SMA PGRI 1 Jombang sejumlah 88 orang dan SMKN Prigen sejumlah 40 orang.

Peserta kunjungan disambut baik oleh perwakilan FILKOM yaitu salah satu Sekretaris Jurusan (Sekjur) atau Kepala Program Studi (Kaprodi) dan satu dosen FILKOM. Adapun Sekjur dan Kaprodi yang sempat menyambut para peserta kunjungan antara lain Muhammad Tanzil Furqon, S.Kom, M.CompSc selaku Sekjur Teknik Informartika, Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB. selaku Kaprodi Sistem Informasi dan Issa Arwani, S.Kom, M.Sc selaku Kaprodi Teknologi Informasi. Sementara itu dosen FILKOM yang sempat memberikan paparan materi pada peserta kunjungan adalah Faizatul Amalia, S.Pd.,M.Pd dan Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc.. Dalam kunjungan tersebut perwakilan dosen FILKOM yang hadir memberikan penjelasan tentang FILKOM mulai dari sejarah berdirinya, jurusan serta prodi yang ditawarkan, kurikulum, sarana prasarana, organisasi mahasiswa hingga berbagai jalur seleksi masuk.

Dalam pemaparannya disampaikan bahwa FILKOM memiliki dua jurusan yaitu Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Sistem Informasi. Dimana masing-masing jurusan terdiri atas tiga program studi (prodi). Adapun prodi yang berada di bawah Jurusan Teknik Informatika meliputi (1) Prodi Teknik Informatika, (2) Prodi Teknik Komputer dan (3) Prodi Magister Ilmu Komputer (S2). Sementara itu prodi yang berada di bawah naungan Jurusan Sistem Informasi meliputi (1) Prodi Sistem Informasi, (2) Prodi Teknologi Informasi dan (3) Prodi Pendidikan Tekologi Informasi. Mahasiswa FILKOM juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri di bidang non akademik dengan ikut aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Ada berbagai macam organisasi kemahasiswaan yang ada di FILKOM meliputi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Lembaga Pers Mahasisw (DISPLAY), Lembaga Semi Otonom (LSO) pengembang aplikasi mobile (RAION), Organisasi Photography Teknologi Informasi dan ilmu Komputer (OPTIIK) dan lain sebagainya.

Selain itu dijelaskan pula bagi siswa yang berminat untuk melanjutkan studinya di FILKOM, terdapat berbagai jalur seleksi masuk yang dapat dipilih. Terdiri atas jalur nasional (SNMPTN dan SBMPTN), jalur mandiri (SMUB dan SPKPD) serta jalur Seleksi Alih Program (SAP). Informasi mengenai ketentuan masing-masing jalur masuk dapat diakses di selma.ub.ac.id. Kegiatan kunjungan kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab. [dna]