NGOMIK LAB SI: “Netnography in Action”

NGOMIK LAB SI: “Netnography in Action”

Kegiatan Ngobrolin Akademik Laboratorium Sistem Informasi (NGOMIK LAB SI) pada Jumat, 1 Oktober 2021 membahas tentang Netnography in Action. Pembicara pada kesempatan ini adalah Diah Priharsari, S.T., M.T., PhD. Dosen Program Studi Sistem Informasi FILKOM UB sekaligus Visiting Scholar University of Technology Sydney 2020 – 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dengan lebih dari 200 peserta mahasiswa FILKOM yang menempuh mata kuliah Teknik Analisis Kuantitatif dan Kulitatif SI. Acara dipandu oleh Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. sebagai moderator.

Diawal pembahasan Diah menyampaikan tujuan dari perkuliahan kali ini, yaitu untuk mengidentifikasi langkah, kekhasan dan berbagai penelitian yang dapat dilakukan dengan netnography. Dijelaskan oleh Diah bahwa netnography adalah sebuah metode yang diadopsi dari etnografi. Awal mulanya digagas oleh Kozinets (2010). Pemikiran Kozinets tersebut berdasarkan fenomena interaksi dan pemikiran manusia yang saat ini sudah bisa dimediasi oleh teknologi internet. Oleh karenanya pengamatan interaksi pada internet menjadi mungkin dilakukan.

“Seperti Namanya, netnografi berarti etnografi dengan berbasiskan data pada internet,” jelas Diah.

Pembahasan dilakukan dengan menggunakan contoh penelitian Diah yang berjudul “What facilities and constrains value co-creation in online communities: A sociomateriality perspective”. Dalam penelitian ini Diah menggunakan metode netnography untuk menginvestigasi faktor-faktor yang memfasilitasi dan membatasi penciptaan nilai bersama dalam komunitas online yang disponsori organisasi dari industri fashion di Indonesia. Diah bersama tim menganalisis 28.000 postingan online dan 26 wawancara dari dua komunitas online Indonesia. Selanjutnya Diah menjelaskan secara rinci apa saja langkah penelitian netnografinya tersebut.

Langkah-langkah tersebut terdiri atas menentukan dua studi kasus atau dua komunitas sejenis yang ingin diteliti, kemudian proses masuk dalam komunitas, mengumpulkan data online dan data interview, melakukan analisis dan terakhir melakukan validasi atas temuan. Pembahasannya juga meliputi bagaimana cara pengambilan data online, melakukan transkripsi yang baik, etika pada pengumpulan data serta bagaimana validasi atas temuan dilakukan.

Sesi kali ini ditutup dengan pemberian tugas kelompok untuk melakukan aplikasi kualitatif aplikasi pedulilindungi berdasarkan informasi yang ada di internet. Penugasan ini diberikan untuk memastikan pemahaman peserta atas materi yang telah diberikan.

Untuk diketahui NGOMIK Lab SI adalah implementasi dari program Hibah Visiting Professor 3 in 1 yang diperoleh Program Studi Sistem Informasi. Program ini diselenggarakan Universitas Brawijaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melibatkan praktisi dan akademisi dari dalam dan luar negeri sebagai pengajar pada satu mata kuliah tertentu. (dna)

Rekaman video kegiatan dapat diakses di tautan berikut https://www.youtube.com/watch?v=_yfdB20gJ8Q