Applied Qualitative Research: Significance and Relevance in Information System Research

Applied Qualitative Research: Significance and Relevance in Information System Research

Niki Panteli, Ph.D Professor of Digital Business dari Royal Holloway University of London, United Kingdom diundang sebagai pemateri dalam Program Professor 3in1 Prodi Sistem Informasi (Prodi SI) pada Jumat (17/9/2021). Dalam acara yang dihadiri oleh lebih udari 200 mahasiswa FILKOM UB ini Prof Niki membahas tentang Penelitian Kualitatif Terapan khususnya tentang Signifikansi dan Relevansi dalam Penelitian Sistem Informasi. Kegiatan yang dilaksanakan melalui zoom meeting ini dipandu oleh Diah Priharsari, S.T., M.T., Ph.D salah satu dosen Prodi SI.

Pembahasan Prof Niki pada kesempatan tersebut mencakup empat materi yaitu tentang Identifikasi karakteristik penelitian kualitatif, penelitian kualitatif terapan, pentingnya focus groups dan wawancara dalam penelitian kualitatif, serta eksplorasi permasalahan utama dalam menganalisis data kualitatif. Dijelaskan bahwa karakteristik umum dari penelitian kualitatif menurut Miles & Huberman (1994) meliputi beberapa hal antara lain adanya kontak yang intens dan berkepanjangan di lapangan, dirancang untuk mencapai gambaran holistik atau sistemik, data dari perspektif responden, pemahaman konteks penting, dan sebagian besar analisis dilakukan dengan “kata-kata”.

Dalam pemaparannya Prof Niki juga menyampaikan penelitian kualitatif yang telah dilakukannya sebagai contoh agar peserta bisa lebih memahami penerapannya dalam kasus nyata. Penelitian Prof Niki berjudul “Social Networking Sites as New Organizing Spaces – Project & Outcomes”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana social networking sites (facebook) digunakan oleh berbagai kelompok usia.  Penelitian dilakukan pada 78 responden pengguna facebook. Responden terdiri atas tiga kelompok usia yaitu teenagers (15-17 tahun), young adults (22-25 tahun) dan mature user (50-60 tahun). Para responden dalam grup diminta membuat gambar yang bisa merepresentasikan facebook dalam kehidupan nyata, misalkan pasar, night club, kebun binatang, hutan, keluarga, rumah, festival taman bermain atau lain sebagainya. Dari penelitian tersebut didapati bahwa grup teenagers lebih banyak yang memilih taman bermain, kelompok young adults lebih banyak memilih pub/night club dan kelompok mature user lebih memilih social club sebagai sesuatu yang paling sesuai menggambarkan facebook di dunia nyata. Hal ini menunjukkan bagaimana setiap kelompok usia memanfaatkan facebook dalam kehidupannya. Secara garis besar facebook dianggap sebagai suatu tempat yang didatangi oleh pengguna untuk bermain, berteman dan berkomunikasi pada waktu dan jam tertentu secara temporer.

Diharapkan dengan menghadirkan pengajar profesional dan praktisi dari dalam dan luar negeri dalam program Professor 3in1 ini bisa menambah wawasan peserta didik di FILKOM UB. Selain itu juga bisa mendorong semangat belajar para mahasiswa dalam mendalami keilmuannya. (dna)