Job Profession, Professional and Professionalism

Job Profession, Professional and Professionalism

Prof. Rohani Binti Abu Bakar dari Universiti Malaysia Pahang berbagi ilmu tentang Job Profession, Professional and Professionalism dengan mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi (Prodi TI) FILKOM UB pada Jumat (17/9/2021). Beliau hadir sebagai pemateri dalam Professor 3 in 1 Program untuk mata kuliah Etika Profesi. Berkaitan dengan mata kuliah Etika Profesi, kegiatan ini diketuai oleh Tibyani, S.T., M.T. dari Dosen Prodi Teknologi Informasi Jurusan Sistem Informasi  FILKOM UB.

Beberapa hal yang diangkat Prof. Rohani dalam kesempatan itu meliputi pembahasan tentang kebutuhan manusia atas pekerjaan, hubungan antara pekerjaan dan profesi, hubungan antara profesi, professional dan profesionalisme serta pendekatan untuk menilai profesionalisme. Disampaikan oleh Prof. Rohani ada banyak hal yang melatarbelakangi kebutuhan manusia atas pekerjaan, antara lain untuk memenuhi kebutuhan hidup, membuat seseorang merasa lebih baik, memberi identitas, membuka kesempatan untuk belajar keterampilan baru, menambah teman dan mampu membantu persiapan untuk masa depan. Pekerjaan juga mampu memberikan dampak pada kehidupan manusia, baik pada kehidupan sosial maupun penentuan arah dan tujuan hidup seseorang.

Pekerjaan (Job) dijelaskan Prof. Rohani sebagai sesuatu yang dilakukan seseorang dalam sebuah organisasi dan mendapat imbal hasil atasnya. Sementara profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan, sertifikasi keterampilan dan pelatihan khusus. Jadi profesi adalah bagian dari pekerjaan, tapi tidak semua pekerjaan merupakan profesi.

Sementara itu menjelaskan tentang hubungan profesi, profesional dan profesionalisme, Prof. Rohani mengatakan bahwa profesional adalah orang yang memiliki profesi. Sedangkan profesionalisme adalah karakteristik atau standar yang diharapkan dari seorang profesional. Menurut Gilley and Eggland (1989) ada 4 cara untuk menilai profesionalisme seseorang, yaitu dengan Philosophy orientation approach, Organization development approach, Self-characteristics approach, dan Non-traditional orientation approach. (dna)